fbpx

Tips enjoy belajar mata pelajaran yang kurang disukai

15 May, 2022

Halooo semuaaa, wah udah lama yaa kita ga saling sapa di laman blog ini, sebelumnya saya izin mohon maaf lahir dan batin yaa, maaf jika saya ada tulisan saya yang secara tidak sengaja menyinggung ataupun membuat kalian merasa tidak nyaman, mohon maaf ya sekali lagi. Gak kerasa ya udah hampir seminggu kita liburan, kalian gimana nih liburannyaa, seruu gak? Wah boleh dong nanti kita sharing-sharing pengalaman liburannya yaa. Nah akhirnya setelah seminggu saya gak update, finally hari ini saya kembali membagikan konten artikel seputar tips belajar yang semoga aja bisa bermanfaat yaa buat kalian semuaa terutama bagi pelajar.

Seperti yang sudah kalian baca dari judulnya, yaps saya mau sharing gimana sih biar kita bisa enjoy belajar pelajaran yang tidak terlalu kita sukai. Pastinya setiap pelajar memiliki pelajaran yang tidak disukainya, termasuk saya sendiri juga begitu ehehe :D, and it’s normal dan wajar kok, karena memang kita tidak bisa memaksakan untuk menyukai semua pelajaran. Ada banyak sekali alasan mengapa kita bisa tidak menyukai beberapa pelajaran, entah karena itu sulit dipelajari, tidak memliki minat dalam pelajaran tersebut, bahkan ada juga yang karena guru mata pelajaran tersebut killer, wahh kalo kalian termasuk yang mana nih?

Kalau saya sendiri sebenarnya tidak terlalu suka pelajaran tentang hitung menghitung seperti matematika atau fisika, karena ya mungkin minat saya bukan disana. Tapii mau tidak mau kita tetap harus mempelajarinya kan ya, eits iya tau kok pasti rasanya males banget, tapi tenang ajaa, hari ini saya mau sharing ke kalian semua, gimana sih biar kita bisa enjoy mempelajari mata pelajaran yang tidak disukai, yuk langsung cus kita ke tips nya!


1. Cari tahu penyebabnya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari tahu apa sih penyebab kamu bisa tidak menyukai mata pelajaran itu. Misalnya saja nih,  kamu tidak menyukai pelajaran Matematika karena memiliki banyak rumus yang harus di hafal dan sering kesulitan saat mengerjakan latihan soal yang wah rumit banget deh pokoknya. Hmm tapi sebelum kita ke solusinya, kalian harus tau dulu nih, kenapa kalian gasukaa pelajaran matematika. Coba deh tuliskan semua penyebab kamu tidak menyukai mata pelajaran tersebut di selembar kertas ataupun di buku matematika kamu, contohnya kalian tidak menyukai pelajaran tersebut karena guru matematika kalian sering sekali memberikan soal yang sulit. Setelah menuliskan semua penyebabnya, jangan lupa buat juga solusi sederhananya. Misalnya  nih kamu tidak menyukai mata pelajaran Sejarah karena terlalu banyak poin poin yang harus dihafal, maka dari itu cobalah untuk membaca pelajaran sejarah dari buku cerita bergambar. Apalagi buat kalian yang gaya belajarnya adalah visual, pasti akan sangat terbantu, karena pada dasarnya pelajar yang memiliki gaya belajar visual, akan lebih mudah belajar sesuatu ketika ,mereka bisa melihat gambar ataupun pelajaran yang beisrikan beberapa visual untuk menjelaskan materinya. Hal ini akan sangat memudahkanmu untuk lebih bisa memahami materi pelajaran, dibandingkan harus menghafalnya.

2. Coba Berbagai Macam Metode Belajar

Siapa disini yang suka bosen dan males belajar, karena metode belajar kalian hanya mencatat dan merangkum pelajaran sajaa. Nah coba deh kalian belajar pakai berbagai macam variasi metode ada banyak sekali loh metode belajar yang bisa kalian terapkan, salah satunya ada teknik pomodoro, teknik fenyman, dan lain sebagainya yang akan aku bahas di artikel post selanjtnya ya. Mulai dari sekarang yuk lebih rajin lagi belajarnya dan temukan tipe belajar yang paling cocok untuk kamu. Misalnya nih hari ini kalian akan menerapkan metode belajar menggunakan flash card, kemudian besok dengan video belajar, lalu coba mencatat rangkuman dengan menambahkan bebearapa hisasan dalam catatan kamu. Tentunya hal ini akan membuat kamu lebih bersemangat dalam belajar serta bisa meningkatkan kreativitas kalian juga lho! Selain itu, mengubah tempat dan Susana belajar pun dapat berpengaruh jugaa! Wah kok bisaa yaa, iyap bisa bangett, karena suasana yang baru akan memunculkan semangat baru pula. Tapi perlu diingat, kalian harus tetap pilih tempat yang nyaman dan kondusif ya, agar kalian tidak mudah terdistraksi, okayyy.

3. Limit Your Session

Pernah gak sih kalian udah belajar selama berjam jam tapi tetap aja pelajarannya gaada yang kalian pahami sama sekali. Wah kira kira kenapa yaa penyebabnya? Alasan mengapa kalian belajar dalam durasi waktu yang lama namun hasilnya tidak efektif, karena kalian tidak menikmati dan enjoy selama belajar pelajaran tersebut. Misalnya nih, Kondisinya saat ini, kamu tidak suka dengan mata pelajaran tersebut. Oleh sebab itu, jangan terlalu memaksakan diri ya, jangan terburu buru karena ingin egera menguasai pelajaran. Semua hal termasuk belajar itu harus dilakukan secara perlahan, namun konsistem, kalian akan melalui berbagai proses jatuh dan bangun. Gak ada yang bisa langsung menguasai pelajaran seketika, maka dari itu coba deh batasi waktu belajar kalian, gapapa banget kalau kalian hanya belajar 1 jam sehari tapi kalian enjoy selama belajar, dan itu jauh lebih efektif dibandingkan dengan kalian belajar seharian tapi yang ada kaliannya malah stress huhu gamau banget kan yaa. Dalam setiap sesi belajar, coba deh lakukan sepanjang 30 menit, lalu beri jeda, dan lanjutkan lagi 30 menit, begitu seterusnya. Jadi, tidak langsung dipaksakan langsung 2 jam setiap sesinya.

4. Ubah cara pandang

Tau gak sih kalau dengan mengubah cara pandang terhadap suatu pelajaran, itu uga bisa membantu kamu menguasai pelajaran yang sebelumnya tidak disukai loh. Hah kok bisaa yaa? Iyaaa bisa banget dong, karena dengan kita merubah mindset kita yang awalnya negative terhadap pelajaran tersebut menjadi positif, maka itu akan membuat kamu lebih bersemangat lagi dalam belajar. Misalnya nih jika selama ini kamu merasa pelajaran Sejarah merupakan pelajaran yang susah, padahal kamu belum mempelajarinya lebih jauh. Nah maka dari itu, mulai sekarang, cobalah mengubah cara pandang dan mengatakan pada diri sendiri bahwa Sejarah merupakan pelajaran yang mudah ditaklukan. Hal inilah yang lambat laun akan membuat kamu justru akan sangat menyukai pelajaran yang sebelumnya tidak disukai.

-Safwawidadi

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Maria Zakiyya Safwawidadi
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram