fbpx

Tips Mengatasi Jetlag Bagi Pemudik

3 April, 2023

Jetlag adalah kondisi yang dapat terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan melintasi beberapa zona waktu dalam waktu yang relatif singkat. Perubahan zona waktu ini dapat menyebabkan tubuh kesulitan untuk menyesuaikan ritme sirkadianya. Hal ini dapat menyebabkan gangguan tidur, kelelahan, masalah pencernaan, dan ketidaknyamanan fisik lainnya.

 

Jetlag dapat terjadi pada pemudik ketika tubuhnya tidak dapat menyesuaikan diri dengan perbedaan zona waktu akibat melakukan perjalanan melintasi beberapa zona waktu dalam waktu yang relatif singkat. Pemudik yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan perbedaan zona waktu yang signifikan dapat mengalami jetlag yang mempengaruhi kesehatan dan kinerja mereka.

 

Saat pemudik melakukan perjalanan, terutama perjalanan jarak jauh, jam biologis tubuhnya masih terikat pada zona waktu sebelumnya. Ketika tiba di zona waktu baru, tubuh harus menyesuaikan ritme sirkadianya agar sesuai dengan zona waktu baru tersebut. Proses ini biasanya memakan waktu beberapa hari, tergantung pada perbedaan zona waktu yang mereka lintasi dan seberapa cepat tubuh dapat beradaptasi.

 

Gejala Umum Jetlag

 

Ada beberapa gejala umum jetlag yang dapat bervariasi dari ringan hingga parah, tergantung pada individu dan perjalanan yang dilakukan. Beberapa gejala umum yang terkait dengan jetlag meliputi kesulitan tidur, kelelahan, kurang nafsu makan, gangguan pencernaan, sakit kepala, kebingungan, dan iritabilitas.

 

Untuk membantu mengatasi jetlag, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan. Beberapa tips yang dapat membantu seseorang menyesuaikan diri dengan zona waktu baru adalah dengan menyesuaikan jadwal tidur dan bangun, menghindari alkohol dan kafein, menghindari makanan berat sebelum tidur, dan melakukan olahraga ringan.

 

Selain itu, terdapat juga beberapa obat-obatan yang dapat membantu mengatasi gejala jetlag, seperti melatonin dan obat tidur ringan. Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Berpuasa di Perjalanan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Eva Vaida
Blogger dan content writer yang suka banget ngopi di pinggir pantai sambil menatap ombak. Wkwkwk. Mari belajar bersama.

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

tagcalendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram