fbpx

Ulasan Film (500) Days of Summer (2009), Masih Juga Berpikir Summer Yang Salah?

October 12, 2020

Masih ingat film (500) Days of Summer? Sebuah komedi romantis tentang seorang perempuan dan laki-laki yang menjalin relasi romantis tanpa status, yang berakhir dengan patah hati? Film yang sepertinya ‘memecah-belah’ penonton ke dalam dua kelompok: (laki-laki yang kebanyakan) membela Tom, si tokoh utama laki-laki, atau (para perempuan yang) membela Summer, si tokoh utama perempuan—yang sebenarnya, mencerminkan seksisme yang ‘terselubung’. Apalagi, film ini memang lebih berpusat pada narasi Tom ketimbang narasi Summer. Justru karena itu, sepertinya kita perlu membedah ulang film ini, mencoba berfokus dengan hati-hati pada si tokoh utama perempuan, Summer. Apa benar benar semuanya adalah semata-mata salah Summer?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Yuliana Martha Tresia
Penulis perempuan yang terus berusaha menanam keberanian di dalam setiap tulisannya, khususnya yang mengangkat isu perempuan & kesetaraan. Sekarang sedang fokus membahas tokoh-tokoh perempuan dalam film di Instagram @womenonfilms & juga di blognya.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram