fbpx

11 Cara Mempercepat Loading Website WordPress

21 December, 2021

Tentunya, setiap pemilik website menginginkan trafik website yang tinggi. Hal tersebut karena trafik website berkaitan erat dengan kemungkinan keuntungan yang akan didapatkan pemilik website. Tidak heran, jika banyak pemilik website berlomba-lomba mempercepat loading WordPress.

Oleh karena itu, informasi cara mempercepat loading WordPress banyak dibutuhkan oleh pemilik website platform wordpress (WP). Nah, bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan Hosting Terbaik yang Menyediakan Cloud Hosting Berkecepatan Tinggi

Perlu diketahui, kunci utama website berkecepatan tinggi adalah hosting. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mempercepat loading WordPress adalah menggunakan cloud hosting terbaik.

Pastikan, hosting yang Anda gunakan menawarkan banyak fitur terbaik untuk mempercepat loading website Anda, seperti: cPanel, Time Machine Backup sampai dengan LiteSpeed Enterprise. Untuk mendapatkan hosting terbaik, Anda harus rajin menggali informasi atau review tentang layanan hosting terbaik.

2. Selalu Update WordPress Versi Terbaru

Memang WordPress selalu memberikan layanan terbaiknya, salah satunya adalah dengan melakukan update platform dan meningkatkan fitur website. Bagi Anda pengguna platform WordPress disarankan untuk selalu up date WordPress terbaru.

Adapun fungsi dari selalu update WordPress versi terbaru adalah sebagai berikut.

  • Dapat menghilangkan bug WordPress versi lama.
  • Fitur terbaru WordPress akan update secara automatis.
  • Kecepatan loading menjadi lebih baik dari versi sebelumnya.
  • Terhindar dari ancaman hacker, virus sampai dengan malware.

3. Lakukan Kompresi Gambar Sebelum upload

Seperti pada penjelasan sebelumnya, salah satu hal yang dapat memperlambat loading WordPress adalah ukuran gambar. Oleh karenanya, bagi yang memiliki WordPress yang susah diakses, salah satu cara mengatasinya adalah melakukan kompresi gambar.

Jadi, bagi Anda pemilik WordPress disarankan untuk meminimalkan ukuran gambar tetapi tetap memperhatikan resolusinya sebelum upload. Nah, untuk melakukan kompresi gambar tersebut Anda dapat menggunakan plugin dari WordPress yaitu WP – Smush.

4. Hapus Plugin yang Dapat Memperlambat Loading WordPress

Bukan rahasia lagi, terlalu banyak plugin yang terinstal di situs wordpress Anda dapat memperlambat loading WordPress. Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah terlanjur mengunduh banyak plugin WordPress disarankan untuk menghapusnya.

Hapus plugin yang tidak Anda butuhkan karena dapat mempengaruhi kinerja loading WordPress. Disarankan untuk menggunakan plugin yang sesuai dan mendukung kebutuhan website Anda saja. Pastinya, dengan cara tersebut kecepatan loading WordPress Anda akan menjadi lebih baik.

5. Gunakan Tema WordPress yang Asli dan Ringan

Bisa dibilang memilih tema WordPress tidaklah mudah, karena beberapa tema WordPress dapat mempengaruhi kecepatan loading. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan tema WordPress Premium sesuai kebutuhan website supaya website Anda tidak lambat, diminati viewer dan mesin pencari Google.

6. Aktifkan Content Delivery Network (CDN) di Website Anda

Terkadang lokasi server dapat mempengaruhi kecepatan loading WordPress. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara mengaktifkan Content Delivery Network (CDN) pada WordPress Anda.

Perlu diketahui, CDN ini membuat WordPress Anda mudah diakses. Itu CDN bekerja dengan cara menyimpan file statis website yang ada di seluruh dunia. Jadi, dengan mengaktifkan CDN, loading WordPress Anda menjadi lebih cepat diakses.

7. Hindari Upload Video secara Langsung di WordPress

Perlu diingat, salah satu hal yang dapat memperlambat loading WordPress adalah upload Video secara langsung. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda menghindari untuk upload video secara langsung di WordPress. Gunakan Embed URL, jika Anda ingin menampilkan video di WordPress.

8. Aktifkan Kompresi Gzip

Perlu diketahui, bagi pemilik WordPress disarankan untuk menggunakan kompresi Gzip. Hal tersebut karena kompresi Gzip dapat membantu mempercepat loading WordPress. Adapun cara kerja kompresi Gzip adalah memperkecil ukuran file website, seperti: HTML, javascript, xml sampai dengan ukuran font.

Selain itu, kompresi Gzip juga dapat menghemat bandwidth dan sumber daya server hosting Anda. Adapun cara aktivasi kompresi Gzip secara manual dengan cara login pada cPanel Hosting milik Anda dan ikuti langkah-langkahnya atau Anda dapat menggunakan plugin W3 Total Cache

9. Rutin Melakukan Optimasi Database

Tentunya, database pada WordPress semakin lama digunakan, maka semakin banyak informasi yang tidak dibutuhkan lagi menumpuk. Banyaknya informasi yang menumpuk tersebut dapat menyebabkan loading WordPress menjadi lambat.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan optimasi database secara rutin dengan cara membersihkan informasi yang menumpuk tersebut. Adapun cara termudah untuk melakukan optimasi database adalah dengan menggunakan plugin WP – Sweep.

Perlu diketahui, plugin WP – Sweep ini dapat menghapus data yang tidak penting lagi, seperti: revisi, tag yang tidak terpakai lagi sampai dengan postingan lama yang tidak digunakan lagi. Selain itu, plugin tersebut juga dapat memperbaiki struktur database WordPress Anda.

10. Lakukan Pembatasan Jumlah Konten Per Halaman Supaya Loading WordPress Tidak Berat

Perlu diingat, tampilan konten per halaman juga mempengaruhi kecepatan loading WordPress. Contohnya,  jika WordPress Anda menampilkan 10 – 15 konten per halaman, maka loading WordPress menjadi lambat. Namun, jika WordPress Anda menampilkan 5 – 8 konten per halaman, dapat dipastikan loading WordPress menjadi lebih cepat.

Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan pembatasan jumlah konten per halaman supaya waktu loading WordPress tidak lambat. Pastikan, Anda selalu memperhitungkan  jumlah konten per halaman supaya akses loading WordPress menjadi lebih mudah diakses pengunjung.

11. Secara Rutin Melakukan Perbaikan Link yang Rusak (Broken Link)

Tentunya, Anda pernah mengalami Error 404 ketika mengakses suatu alamat website tertentu. Hal tersebut menunjukkan bahwa link yang Anda akses rusak. Pastinya, link yang rusak dan tidak dapat diakses (broken link) dapat membuat pengunjung website kecewa.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda pemilik WordPress untuk selalu rutin memperbaiki broken link supaya website Anda dapat diakses dengan baik. Adapun cara memperbaiki broken link dapat dilakukan dengan plugin Google Webmaster Tools.

Tersebut adalah 11 cara mempercepat loading WordPress. Perlu diingat, loading WordPress yang lambat dapat memberikan kesan minus, akibatnya pengunjung menjadi malas untuk mengakses website Anda.

Jadi, bagi Anda pemilik website disarankan untuk selalu rutin mengoptimalkan WordPress Anda supaya trafik website Anda naik. Semoga informasi tentang mempercepat loading WordPress ini memberikan manfaat untuk website Anda.

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sarmini Lidya
Penggemar Kuliner dan Web Writing. Saat ini menjadi project manager di sebuah perusahaan digital agency Jakarta.

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram