fbpx

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Puasa

Berpuasa tentu bukan menjadi halangan untuk kita melakukan aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Rutinitas kerja dan berkumpul bersama teman tetap bisa berjalan seperti biasa meski kita sedang berpuasa. Ditambah lagi kegiatan-kegiatan ibadah lainnya yang bisa menyempurnakan puasa kita.

Sebagai bulan yang datang setahun sekali, Ramadhan memang selalu memiliki ceritanya tersendiri. Mulai dari makanan, kebiasaan, hingga aktivitas sehari-hari.

Kita tahu, Ramadhan tidak terlepas dari Al-Quran. Berkah pahala yang berlipat-ganda tentu tidak akan kita sia-siakan. Selama bulan puasa, masjid-masjid banyak menggelar majelis ilmu hingga tadarus bersama. Banyak keluarga pula yang menerapkan tadarus ini sebagai kegiatan rutin saat Ramadhan. Selain mencari keberkahan bulan suci Ramadhan, kegiatan ini juga jadi ajang dalam memperbaiki makhorijul huruf hingga tajwid bacaan kita.
Ada satu amalan yang hanya bisa kita temui di bulan ramadhan dan tidak akan bisa kita lakukan di bulan-bulan lain, yaitu shalat tarawih. Ibadah yang satu ini memang sangat khas dengan puasa Ramadhan. Dulu ada yang pernah berkata ke saya, “usahakan tarawih, apapun kondisinya. Sebab, setelah ramadhan pergi, seingin apapun kau, seluang apapun waktumu, nggak akan bisa lagi kau kerjakan tarawih itu.”
Makanya, sekarang sebisa mungkin mengejar tarawih. Rasanya ada kesedihan sendiri di dalam hati kalau ketinggalan tarawih karena satu dan lain hal, apalagi hanya karena urusan dunia.

Nah, kira-kira, apa saja kegiatan bermanfaat saat puasa selain tadarus, tarawih dan qiyamul lail?

1. Ngabuburead

Punya wishlist buku yang teramat panjang? Atau masih ada tumpukan buku yang ngantri dibaca? Atau bahkan ada banyak bacaan yang belum selesai?
Nah, ini saat yang tepat untuk merealisasikan list panjang bacaanmu! Selain mengurangi dosa menumpuk buku (pasti tiap bulan kamu nambah tumpukan buku tanpa mengurangi daftar bacaan kan?! ngaku! :p), kegiatan ini juga bisa menambah wawasan kamu loh! Ya kalau yang kamu baca novel, tetap akan ada informasi yang kamu dapatkan. Dan hitung-hitung mengurangi misuh-misuhmu saat menunggu jam berbuka puasa :p
Lebih berfaedah baca bukukan, daripada mantengin jam berbuka puasa sambil natapin bukaan?

2. Break-write Fasting

Punya hobi menulis?? Saatnya berbuka dari panjangnya puasa menulis. Contohnya ya ikut challenge #BPNRamadan2022 dari Blogger Perempuan ini. Nggak bisa kita pungkiri, kita punya cita-cita tinggi jadi penulis, atau minimal blog kita ramai pengunjung dan selalu up to date. Tapi realitanya hanya berujung pada angan-angan semata xD

Saya sendiri percaya selalu ada titik balik dari setiap kondisi. Selalu ada momentum untuk kembali membangkitkan semangat menulis. Setelah sekian lama berpuasa menulis, barangkali ramadhan kali ini menjadi momen saya untuk berbuka. Menikmati bagaimana sulitnya untuk istiqomah menyelesaikan tantangan, bagaimana nikmatnya memupuk sabar untuk menuliskan setiap kata dan mengedit tulisan hingga terposting.

Jika cara ini berlaku bagi saya, mungkin cara ini juga berlaku untuk beberapa orang di luar sana.

So, di bulan suci nan baik ini, saatnya kencangkan iman dan kencangkan jari untuk mengetik! Daripada gibah, mending kita ngetik!

3. Cooking-Baking Time

Habis gelap, terbitlah terang. Habis puasa, datanglah lebaran. Biar momen lebaran bersama keluarga lebih seru (sebab banyak makanan untuk mengembangkan badan bersama), kita bisa membuat kue kering. Proses membuat kue kering yang melibatkan anggota keluarga di rumah juga jadi momen seru loh! Selain menambah kerjaan sendiri biar lelah, mengakrabkan kita dengan keluarga kita sendiri.

Alih-alih jadi cemilan pribadi bersama keluarga, siapa tahu kue-kue keringmu bisa dijadikan ladang bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi cuan? Lumayan kan, punya momen bareng keluarga plus dapat duit beli baju lebaran.
Kegiatan membuat kue ini juga bisa jadi healing untuk kamu loh. Nyobain aktivitas baru yang tetap menyenangkan. Dan lebih hemat di kantong jugakan kalau buat kue sendiri. :p

4. Ular Tangga, Ludo, Monopoli Time!

Pernah nggak, waktu kecil dulu, di sela jam menunggu berbuka, kamu diajak nenek kakekmu atau orangtuamu untuk bermain ular tangga, ludo, halma atau monopoli?? Bagaimana rasanya? Menyenangkan sekali bukan?

Jika dulu kita merasa senang menunggu jam berbuka dengan memainkan permainan ini, kenapa sekarang kita tidak bisa merasakan keseruan yang sama lagi? Ajak anggota keluargamu bermain! Bolehlah ditambahin aktivitas coret-coret wajah bagi yang kalah. Selain bisa membuat kita betah berpuasa di rumah, hubungan kita dengan anggota keluarga lain juga semakin erat.

Ah, indahnya Ramadhan. (bukan iklan sirup)

5. Beberes Rumah

Siapa yang nggak kenal istilah kebersihan sebagian dari iman? Yang pernah SD pasti tahu. Selama puasa, kita bisa membersihkan rumah. Mulai dari mencuci gorden, bersihin kaca, ngelap toples kue, dan sebagainya. Hitung-hitung kita menyicil pekerjaan agar ketika mau lebaran nanti, kita nggak riweuh sendiri bersihin rumah dalam sehari.

Selain karena Allah swt suka rumah yang bersih, ibumu juga pasti suka karena merasa terbantu dalam hal beres-beres rumah. Menyenangkan hati orangtua juga berpahala kan? :p

Atau kalau kalian sudah menikah dan tinggal bersama suami, menyenangkan hati suami juga berpahala kan? :p

Saya yakin, nggak ada orang yang nggak suka kalau rumahnya bersih, rapi dan wangi. Kucing saya aja paling suka guling-guling di lantai yang habis dipel.

Itulah 5 kegiatan bermanfaat saat puasa versi saya. Yang jelas, apapun kegiatan yang kita lakukan, niatkan untuk menjadi ibadah kepada Allah SWT dengan mengharap keridhoan-Nya. Agar apapun yang kita lakukan diganjar pahala berlipat oleh Allah SWT.

Kamu, udah ngelakuin kegiatan bermanfaat yang mana hari ini???

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Manfaat Kurma Saat Puasa

Next Post:

menu sahur praktis

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fitriya Ningrum
penulis, pemimpi, tukang halu, seorang anak, seorang istri dan seorang ibu. random reviewer. random writer.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram