fbpx

Untuk mendapatkan riasan wajah yang sempurna, diperlukan produk makeup yang tepat. Salah duanya adalah foundation dan concealer. Bagi yang belum tahu, foundation dan concealer ini berbeda, lho.

5 Perbedaan Foundation dan Concealer

Nah, ini dia 5 perbedaan foundation dan concealer yang perlu dipahami:

1. Waktu

Foundation alias alas bedak diaplikasikan secara merata ke wajah. Kemudian baru disusul oleh concealer. Jika dipakai lebih dahulu, maka concealer akan cepat luntur dan menyatu dengan riasan yang kamu pakai.

2. Fungsi

Foundation berfungsi untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan berbagai noda yang ada, agar wajah tampak lebih mulus dan halus. Sedangkan concealer alias color corrector berfungsi untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, flek hitam, dan kekurangan kecil lainnya di kulit wajah.

3. SPF

Jika concealer umumnya tidak mengandung SPF, maka lain halnya dengan foundation. Kini sudah bertebaran foundation yang mengandung SPF, sehingga dapat menangkal radikal bebas akibat sinar ultraviolet. Mulai dari SPF 15 sampai SPF 50.

4. Tekstur

Tekstur concealer lebih kental dan pigmented, karena kerap digunakan untuk menutupi kantong mata alias mata panda. Sedangkan foundation yang diaplikasikan ke seluruh wajah memiliki tekstur yang lebih cair, sehingga menyerap lebih lama daripada concealer.

5. Coverage

Foundation menawarkan tingkat coverage dari sheer sampai full, sehingga bisa diaplikasikan dengan jari, kuas, maupun sponge. Sementara concealer umumnya hanya menawarkan medium coverage saja.

Setelah memahami perbedaan foundation dan concealer di atas, kita tahu bahwa jika dialihfungsikan, maka foundation dan concealer tidak akan bekerja dengan efektif. Jadi, jangan dialihfungsikan, yah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Lila Adijaya
A skin care enthusiast
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram