fbpx

9 Cara Mencari Ide Artikel Blog yang Disukai Pembaca

13 August, 2022

9 Cara Mencari Ide Artikel Blog Yang Disukai Pembaca — Kamu mulai ngeblog dengan semangat dan kegembiraan yang menggebu. Kamu menulis dan menulis setiap hari.

Tapi sekian lama kemudian kamu mentok, bingung harus menulis apa lagi? Saya juga pernah merasakannya, merasa kehabisan ide.

Seiring waktu saya mendapatkan beberapa tips mencari ide artikel untuk blog. Yang ternyata membantu saya untuk terus bisa memproduksi artikel di blog.

Berikut adalah tips mencari artikel blog yang disukai pembaca. Apa saja?

Cara Mencari Ide Artikel Blog Yang Disukai Pembaca

#1 Riset Keyword

Riset keyword bisa menghasilkan banyak sekali ide artikel dan sangat cocok untuk blogger yang ingin mendapatkan banyak trafik organik dari search engine.

Kamu harus menggunakan tool untuk meriset keyword. Bisa memakai Keysearch, Ubersuggest, dan lainnya.

Meski berbayar, kebanyakan tool juga menyediakan free trial dan versi gratis dengan fitur terbatas.

Dasar riset keyword cukup mudah, tinggal masukkan topik yang ingin diriset pada tool.

Kemudian tool akan memberikan banyak ide keyword yang bisa kamu olah lebih lanjut.

#2 Banyak Menulis

Yang saya alami semakin saya banyak menulis akan muncul ide-ide baru. Apalagi ketika saya menulis satu tema terus-menerus.

Saya punya blog dengan niche kucing dan semakin banyak saya menulis tentang kucing, semakin enjoy saya menulis. Bahasannya juga semakin mendalam.

Karena pengetahuan saya tentang kucing terus bertambah, saya jadi lebih paham dunia kucing. Dari situ ide tulisan makin mengalir, saat ini ada sekitar seribuan ide tulisan yang saya catat untuk saya jadikan tulisan nantinya.

Karena pembaca saya hanya satu target market, yaitu pecinta kucing, saya semakin tahu tulisan apa yang bagus bagi mereka.

Namun hal ini juga bisa diterapkan pada blog dengan niche campuran, bedanya hanya target marketnya lebih dari satu.

Baca Juga : Mengapa Blogger Harus Mulai Menentukan Niche Blog

#3 Bantu Pembaca Mencapai Tujuannya

Perkirakan apa sih tujuan dan keinginan pembaca blogmu, apa yang ingin mereka capai?

Misalnya blogmu tentang parenting maka pembacamu mungkin ingin tahu bagaimana cara membantu anak menghadapi bullying tanpa berkelahi.

Atau mereka ingin bisa lebih terkoneksi dengan anaknya. Atau ingin mengenali watak anaknya lebih dalam sehingga bisa mengurangi kesalahpahaman.

Lalu pikirkan, bagaimana kamu bisa membantu mereka untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut?

Kamu bisa mulai melakukan riset, menggali pengalamanmu, dan sebagainya, sehingga hasilnya kamu tuangkan menjadi sebuah artikel yang benar-benar bermanfaat untuk pembacamu.

#4 Bantu Pembaca Mengatasi Kendala

Photo by Tim Gouw on Unsplash

Dalam mencapai tujuannya orang sering gagal karena terhalang kendala yang tidak bisa diatasi. Hal itu juga bisa dialami oleh pembaca blogmu.

Carilah kendala apa yang menyebabkan pembaca tidak bisa mencapai tujuannya dan bantu untuk mengatasinya.

Contoh blogmu bertema pengembangan diri dan di dalamnya ada kategori public speaking.

Kamu memperkirakan banyak pembaca yang kesulitan berbicara di depan umum karena beberapa kendala seperti kurang skill, kurang pengetahuan, kurang percaya diri, dan sebagainya.

Tuangkan solusimu untuk mengatasi kendala itu dalam bentuk artikel. Kamu juga bisa berbagi kendala-kendala yang pernah kamu hadapi dan bagaimana kamu mengatasinya.

#5 Menjawab Pertanyaan Pembaca

Ketika saya ngeblog tentang kucing saya menemui banyak pertanyaan yang ditanyakan pembaca.

Seperti bolehkah kucing makan nasi, bolehkah kucing tidur di ruangan ber-AC, mengapa kucing suka masuk ke kardus?

Apapun tema blogmu kamu juga bakal menjumpai banyak pertanyaan pembaca yang bisa dijawab dengan artikelmu.

Selain meriset sendiri perhatikan juga komentar pembaca di blogmu, atau interaksi lain mungkin mereka bertanya lewat email atau chat.

Kalau blogmu baru kamu bisa mencari inspirasi dari komentar di blog lain yang temanya mirip denganmu.

#6 Membantu Pembaca Menentukan Keputusan

Apa keputusan yang harus diambil oleh pembacamu dan bagaimana kamu bisa membantu mereka?

Sebagai blogger yang membahas karir dan pekerjaan kamu bisa memberi saran sebaiknya resign atau tidak dari kantor yang budaya kerjanya toxic.

Sebagai blogger tekno kamu bisa memberi perbandingan antara beberapa merk laptop dan mana yang terbaik untuk dipakai pekerja kantoran.

Sebagai blogger parenting kamu bisa memberi perbandingan antara boarding school dan homeschooling.

#7 Mencegah Pembaca Melakukan Kesalahan

Pembaca akan senang jika mereka diberitahu kesalahan-kesalahan yang mungkin akan mereka perbuat. Itu akan menghemat waktu, tenaga, dan pikiran mereka.

Misal dalam SEO, kamu bisa menjelaskan ada tipe backlink tertentu yang justru jelek bagi performa blog.

Kamu bisa menjelaskan terlalu sering membalik-balik ikan yang sedang dimasak bisa menyebabkan daging ikan hancur, dan seterusnya sesuai tema blogmu.

Kamu juga bisa berbagi kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan sendiri.

#8 Mengubah Kelemahan Pembaca Menjadi Kekuatan

Setiap pembaca mempunyai kelemahan atau kekurangan baik di pribadinya, lingkungannya, keluarganya, pekerjaannya, dan lain-lain.

Kelemahan itu bisa diubah menjadi kekuatan atau kelebihan yang bermanfaat.

Kalau blogmu membahas soal rumah, kamu bisa memberi saran pada pembaca bagaimana menata interior rumah yang sempit sehingga terasa lega dan tetap fungsional.

Untuk pembaca pemilik kucing yang tinggal di tempat yang sempit, bisa diberi saran membuat wall cat tree yang cantik yang bisa jadi hiasan dinding sekaligus tempat memanjat kucingnya.

#9 Tips Sederhana Yang Membuat Hidup Pembaca Jadi Lebih Mudah

Jangan ragu membagikan tips sederhana yang tampaknya remeh bagimu. Di luar sana masih banyak pembaca pemula, yang jika diberi tips tingkat lanjut justru akan bingung. Pembacamu terdiri dari beberapa level dan diantaranya adalah level pemula.

Cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word mungkin terasa remeh bagimu. Tapi ada orang yang masih pemula membutuhkan tutorial itu dan dia bakal sangat terbantu.

Membuat bubur kacang hijau mungkin hal yang sangat mudah bagimu. Tapi masih ada orang yang tidak tahu caranya merebus kacang hijau agar cepat empuk.

Penutup

Jika kamu benar-benar peduli pada pembaca blogmu dan ingin mereka mendapat manfaat dari artikelmu.

Kamu akan lebih mudah mengenali mereka dan informasi apa yang mereka butuhkan. Sehingga kamu akan bisa membuat artikel yang mampu menolong, mengedukasi, dan menginspirasi mereka.

—-

Guest post 9 Cara Mencari Ide Artikel Blog yang Disukai Pembaca ini ditulis oleh Purwanto untuk Matchadreamy.com

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fitri Apriyani
Blogger yang suka nulis tentang SEO, traveling, gaya hidup minimalis, dan finance. Kadang juga sharing tentang pengalaman pribadi dan opini.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram