fbpx

Alih Wahana Cerpen Filosofi Kopi Menjadi Film

6 September, 2021

"Filosofi Kopi" adalah sebuah ungkapan yang tidak asing didengar oleh sebagian masyaakat Indonesia. Terlebih saat film "Filosofi Kopi" yan disutradai oleh Angga Dwimas Sasongko ini hadir sebagai bentuk ekranisasi—atau lebih populer disebut alih wahana—dari buku kumpulan cerpen yang berjudul sama.

Ekranisasi berasal dari bahasa Perancis, ecran, yang berarti layar. Menurut Damono dalam Galeh (2015), ekranisasi adalah pengalihan karya seni dari satu wahana ke wahana lain. Ekranisasi ini adalah proses pelayar-putihan atau pemindahan/pengangkatan sebuah novel ke dalam film. Pemindahan dari novel ke layar putih mau tidak mau mengakibatkan timbulnya perubahan (Eneste dalam Suseno, 2011).

Sebelum cerpen Filosofi Kopi diekranisasi, ada banyak karya (baik novel, cerpen, naskah drama, dll.) yang dialihwahanakan ke dalam bentuk film. Hal ini menjadi sebuah harapan baru agar karya tersebut dapat terjangkau lebih luas oleh masyarakat—mengingat film adalah media komunikasi visual sebagai alat penyampai pesan. Jika melihat secara umum, film yang diekranisasi dari cerpen atau novel selalu memiliki alur yang berbeda dari medium sebelumnya. Hal tersebut memiliki faktor-faktor lain karena tentu, karya dalam bentuk tulisan akan berbeda dengan karya bentuk visual.

Ada beberapa hal yang berbeda antara kumcer Filosofi Kopi dengan filmnya—meski secara umum isi cerita sama. Jika dalam cerpen, alur yang digunakan menggunakan alur maju, di film justru seperti menggunakan alur maju-mundur. Di dalam film, Ben mengingat kilas balik tentang masa lalunya yang buruk tentang kopi. Dalam film ini juga tokoh Ayah Ben masuk dalam cerita, sedangkan dalam cerpen tidak ada. Alur bukan hanya melihat dari jalan cerita, tetapi juga melihat sebab-akibat jalannya sebuah cerita.

*selengkapnya ada di blog

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Co-Working Space Adalah

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ikfi Nursyifa
Doyan nulis hikmah dalam diary, suka wangi buku dan isinya, serta seorang istri yang senang dan sedang belajar banyak hal.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram