fbpx

Kisah Tragis Michael Morton yang Memicu Hukum Morton di Amerika

6 September, 2021

Sejak tahun 2013, di Amerika khususnya di Texas, telah disahkan undang-undang bernama Texas Senate Bill 1611 yang lebih sering disebut sebagai "Hukum Morton" atau "Hukum Michael Morton". Undang-undang ini mengatur bahwa semua penyelidikan polisi harus dilakukan secara terbuka. Selain itu, aparat hukum juga diperbolehkan mengakses barang bukti yang dipegang kepolisian. Hal itu ditujukan agar tidak ada orang yang salah dihukum atas apa yang tidak diperbuatnya.

Kenapa undang-undang tersebut dinamakan Hukum Morton? Ternyata, hal tersebut berawal dari sebuah kisah tragis yang menimpa lelaki bernama Michael Morton warga Texas, Amerika Serikat. Kisah tragis tersebut secara lengkap ditulisnya di buku berjudul Getting Life dan diterbitkan di tahun 2014.

Michael Morton adalah warga kota Austin, Texas. Ia bekerja di sebuah kantor swasta, penghasilan menengah, serta memiliki keluarga kecil dengan anak berusia 5 tahun. Semuanya terasa baik-baik saja, hingga tahun 1986, sebuah kejadian malang terjadi padanya.

Pada saat itu, bulan Agustus 1986, Michael Morton baru saja pulang kerja sore hari. Sehari sebelumnya, ia merayakan ulang tahun pernikahannya dengan sang istri. Ia bilang lewat pesan tertulis di kertas sebelum pergi kerja pukul 05.30 pagi. Ia mengatakan bahwa ia sangat mencintai istrinya, namun cukup kecewa karena malam tadi tidak sempat berhubungan suami istri.

Setelah menulis pesan itu, ia bekerja dan baru pulang sore harinya. Sebuah pemandangan mengejutkan terjadi ketika ia baru sampai di rumah. Rumahnya dipenuhi polisi. Lebih mengejutkan lagi, ia mendapati kabar bahwa istrinya meninggal dunia, karena dibunuh secara sadis. Kepalanya ditutup dengan bantal, lalu dihantam habis-habisan dengan menggunakan tongkat baseball.

Malang bagi Michael Morton, pesan cinta yang ditulisnya pagi hari sebelum bekerja itu justru dijadikan polisi sebagai motif pembunuhan istrinya. Yah, Morton dituduh membunuh istrinya karena menolak berhubungan badan.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diah Irawati
Ibu dari seorang anak, istri dari seorang seniman teater. Kunjungi blog kami di Pojokseni.com dan Pojokreview.com.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram