fbpx

Anak Nakal atau Terlihat Nakal?

19 September, 2022

Banyak orang berpikir bagaimana cara menghadapi anak nakal itu sulit. Kali ini saya ingin menceritakan sebuah kejadian yang kualami saat membersamai anak-anak.

Tenggorokanku terasa panas, saat aku bertanya pada anak pertamaku mengapa tiba-tiba adiknya menangis seraya mengaduh kesakitan. Anak sulungku berusia 6 tahun, sementara sang adik 2 tahun.

Adiknya perempuan, menangis kencang sambil menunjuk mulutnya yang kesakitan. Dengan wajah polosnya, anak 6 tahun itu memberitahu bahwa ia sehabis mencolok mulut adiknya dengan tangan. Bisa terbayang kekhawatiran yang melanda di pikiranku saat itu. Nada suaraku tiba-tiba meninggi sambil mengeluarkan kalimat larangan kepadanya.

Beberapa detik kemudian saya sadar, saya telah melakukan sebuah kesalahan. Saya merespon anak dengan emosional dan menghadirkan emosi negatif.

Bagi para netizen rumah tangga tentu melihat kejadian ini sepertinya akan berasumsi anak tersebut adalah anak yang nakal yang habis membuat adiknya menangis. Saat mengalami kejadian serupa seperti di atas, kepala kita pasti dipenuhi pertanyaan penyebab anak nakal dan cara mengatasinya bagaimana?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Shafira Adlina
Seorang manager keluarga, penulis di blog ceritamamah.com serta asesor dan Fasilitator pendamping UMKM dan ekspor di salah satu lembaga sertifikasi profesi di Indonesia.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram