Berkelana di Serambi Jemma

April 13, 2021
Hi, Assalamu'alaikum. Nggak nyangka sudah Ramadan, ya. Selamat menunaikan ibadah puasa teman-teman. Setelah hampir sebulan tidak menulis di blog ini, akhirnya saya kembali. Kali ini saya mencoba mengikuti program Ramdan dari Blogger Perempuan. Menulis 30 blog post selama Ramadan. Doakan berhasil, ya.
Hari pertama ini memiliki tema: Arti Nama Blog. Wah, kebetulan sekali saya berencana menjelaskan perihal apa itu Serambi Jemma mulai dari maknanya. Menurut saya, penting sekali menceritakan arti dari nama blog yang saya pilih ini. Sebagai sebuah pengingat untuk diri sendiri juga di masa yang akan datang.

Mengapa Serambi?

Alasan saya memilih kata Serambi untuk blog ini sederhana. Serambi merupakan perantara. Penghubung antara bagian dalam rumah dan bagian luar rumah.
Sebuah ruangan terbuka yang tidak begitu besar dengan fungsi yang beragam. Mulai dari tempat duduk santai, ditemani secangkir kopi. Sampai sebagai tempat untuk menerima tamu formal. Bahkan di beberapa wilayah, serambi memiliki fungsi yang lebih besar. Seperti di Keraton, serambi berfungsi sebagai tempat kegiatan sosial masyarakat.
Pada serambi seorang ayah dan anak dapat bercengkrama, berbicara tentang nasehat-nasehat dan masa depan. Serambi juga tempat berkumpul sanak saudara, bermain atau sekedar bercerita dan bernostalgia.
Bagi pelajar Serambi dapat menjadi tempat diskusi. Menyelesaikan tugas-tugas kelompok sambil menikmati suasana sore hari. Tak jarang juga dari serambi terlahir ide-ide luar biasa yang mendunia.
Serambi memang tidak sebesar rumah, namun banyak makna terangkai di sana. Memupuk benih-benih harapan, merajut kebersamaan, menciptakan karya penuh cinta.
Seperti itulah serambi ini berfungsi. Menjadi perantara apa yang akan saya bagikan, tuliskan, ceritakan kepada orang lain.

Lalu, Siapa Itu Jemma?

Sebuah karakter bernama Jemma yang menunjukkan seorang perempuan cerdas, tangguh dan pemberani begitu menarik perhatian saya, hingga terbersit keinginan kelak saat saya memiliki keturunan maupun kemenakan saya ingin dipanggil khusus, Jemma. Lalu, saya mulai mengganti nama pena pada setiap akun sosial media dengan Jemma.
Sekiranya itulah arti nama dari blog ini. Jadi, bila dirangkum Serambi Jemma merupakan sebuah langkah sederhana untuk mengaplikasikan ilmu yang saya punya, berbagi cerita dan rekam jejak hidup di dunia.
Bagaimana dengan teman-teman? Apa arti dari nama blog kalian?
Baca Selengkapnya
Previous Post:

Hai 2021

Next Post:

Perempuan Teduh

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Aranta Prizzi
Pemilik serambijemma.com, tertarik dengan journaling dan menulis non fiksi.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram