fbpx

Blogger, Side Hustle yang Nggak Disengaja

21 January, 2022

Menjadi seorang part-time blogger sebenarnya bisa dibilang adalah hal yang kebetulan untuk saya. Awalnya saya nggak pernah berpikir dari blogging akan bisa menghasilkan cuan.

Secara gitu lho hari gini siapa sih yang masih baca blog? Yang ada orang-orang lebih suka bukain Instagram atau Youtube. Karena kedua media itu mengutamakan visual yang lebih menarik daripada barisan tulisan yang menjemukan. Hayo betul nggak? Hihi.

Saya suka banget menulis dari saya SD. Dan saya membuat blog ini juga karena iseng untuk arsip cerita jalan-jalan saya semasa kuliah. Nulisnya pun jarang-jarang kalau lagi pengen aja.

Setelah vakum beberapa lama, akhir tahun 2020 saat pemerintah mewajibkan work from home (wfh), saya mulai ngeblog lagi. Saat itu saya menggunakan blog sebagai sarana curhat dan latihan untuk menulis fiksi. Maklum pengen banget bisa nerbitin buku. Kan siapa tahu bisa kayak Bang Raditya Dika hehe.

Saat saya mulai rutin menulis itulah tiba-tiba suatu hari saya mendapatkan e-mail tawaran kerja sama dari brand kecantikan. OMG! Saya jelas shock dong. Bahkan saya sempat negative thinking kalau itu adalah penipuan haha.

Setelah saya berdiskusi dan meyakinkan diri, saya pun mengiyakan tawaran tersebut. Meski fee nya nggak gede, tapi buat saya pribadi itu adalah sebuah pencapaian yang luar biasa. Bisa kebayang nggak betapa senengnya bisa menghasilkan dari hobi?

Mendapatkan angin segar, saya pun mulai menekuni blog sebagai side hustle. Toh, selama saya bisa membagi waktu dan tetap menyelesaikan pekerjaan utama dengan baik, nggak ada salahnya kan?

Setelahnya pun mulai berdatangan tawaran dan saya juga mulai mengikuti campaign di beberapa platform. Dari sinilah saya merasa cita-cita saya mulai bisa terwujud sedikit demi sedikit. Bahkan, mungkin suatu saat nanti saya bisa menjadi full time blogger hehe.

Pandemi yang kita nggak tahu kapan kelarnya ini, jangan sampai bikin kita stuck. Yuk, mari explore diri. Ini dia beberapa ide side hustle yang bisa teman-teman coba selagi masih di rumah aja.

Baca Selengkapnya
Previous Post:

Review Aplikasi Alfagift

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dea merina
Blog yang berisi review buku, film, tempat wisata, dan makanan. Terkadang saya juga menulis beberapa tulisan seperti prosa, cerpen, dll. Apapun yang ingin saya bagi saya tuliskan di blog. Blog menjadi salah satu media saya bersuara dan berbagi. Menerima kerja sama juga. Terima kasih
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram