fbpx

Blogging dijadikan bisnis? Emang Kenapa?

28 December, 2022

Bisnis Blogging? Why Not?

Mendengar cerita si empunya pertanyaan, beberapa blogger yang kebetulan berada di blog tersebut lalu bereaksi, banyak yang mengatakan, kalau sebenarnya yang begituan itu, maksudnya blogger yang mengisi blognya dengan tulisan yang bukan miliknya, bahkan mungkin nggak pernah benar-benar menulis artikel di blognya sendiri, bukannya the real blogger.
Cara mendapatkan uang puluhan juta sebulan dari google adsense
Saya setuju sih, karena kalau dilihat dari makna apa itu blogger, yaitu orang memiliki, menulis dan mengelola blog miliknya sendiri.
Tapi, bukan berarti kalau seseorang yang nggak menulis di blognya sendiri, dikatakan bukan blogger sih. Karena blogger juga banyak macamnya ya, tergantung dari orientasinya ngapain jadi blogger.
Ada yang hanya untuk bersenang-senang, menulis apa aja yang ada di kepalanya, ada juga yang untuk bersenang-senang tapi juga berorientasi pada uang, kayak si Rey ini, *uhuk.
Dan ada juga yang menjadi blogger, ya benar-benar untuk berbisnis mendapatkan uang, dan kalau udah ngomongin bisnis mendapatkan uang, yang namanya idealis itu, wajib dibuang jauh-jauh.
Dalam berbisnis, kebanyakan pebisnis itu harus bisa menyesuaikan pasar, dan tidak bisa hanya berpatokan kepada idealisnya, kecuali memang idealis yang benar-benar nggak bisa ditolerir ya, misal tentang kepercayaan atau yang berhubungan dengan sang pencipta kita, Tuhan.
Selain daripada itu, kalau mau bisa menghasilkan uang banyak, ya harus mau bersaing, dan kalau mau memenangkan persaingan, ya harus mau mengorbankan idealisme diri.
Misal, punya idealis terhadap tulisan yang harus di posting di blog, wajib tulisan sendiri.
Karena, sehebat-hebatnya penulis, rasanya kurang memungkinkan sih ya, bisa memenangkan persaingan jika semua tulisan di dalam blog harus tulisan sendiri.
Mengapa?
Karena saingannya buanyaaakkkk.
Dan menulis yang bisa dan menarik pembaca itu, nggak bisa nulis ngasal aja.
Jadi, mau nggak mau, wajib mengorbankan idealisme, yang penting masih dalam konteks yang aman, dan bisa menghasilkan uang dengan banyak.
Dan saya pikir, tidak ada salahnya dengan itu sih ya, bebas aja.
Asal caranya tidak dengan merugikan orang lain aja sih ya.
Dan ngeblog untuk menghasilkan uang sesuai target tersebut, saya menyebutnya sebagai bisnis blogging.
Selengkapnya baca di blog reyneraea ya 🙂
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
@reyneraea
Seorang ibu dengan 2 putra yang suka berbagi pengalaman diri lewat tulisan
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram