fbpx

Pengalaman Mengikuti Seleksi High Quality Talent Lecturer di UNPAD

9 January, 2022

Halo pembaca setia Satsuma Biru!

Kalau nyasar ke artikel ini, bisa jadi kamu sedang Job Hunting kan ya? Atau mungkin penasaran dengan program High Quality Talent Lecturer-nya UNPAD itu sebenarnya program apa? Di sini saya akan share pengalaman mengikuti seleksi High Quality Talent (HQT) Lecturer di UNPAD tahun 2021.

Saya mendapat informasi rekrutmen ini dari para dosen senior saya sewaktu kuliah di IPB. Mungkin karena beliau-beliau ini tahu saya baru lulus S3 dan baru pulang banget dari Jepang, pasti sedang bingung mencari kerja. Sewaktu lihat syaratnya yang lumayan banyak, alhamdulillah bisa memenuhi.

Dalam informasi diatas disampaikan bahwa untuk melamar posisi HQT, pelamar diminta mengirimkan surat lamaran, daftar riwayat hidup, ijazah S3 (dan surat penyetaraan bagi lulusan luar negeri), scan KTP, dan dua surat rekomendasi. Berikut akan saya uraikan satu per satu garis besar isi dari dokumen yang saya kirim (selain scan KTP):

Surat Lamaran

Untuk bisa menulis surat lamaran yang baik, saya perlu mengetahui apa tujuan dari rekrutmen program HQT. Saya kemudian mengumpulkan informasi dari beberapa situs internet dan mendapatkan informasi bahwa High Quality Talent Lecturer ini bertujuan untuk merekrut dosen bertalenta dan memiliki kualifikasi unggul yang kedepannya diharapkan mampu berkarya untuk meningkatkan peringkat UNPAD menuju peringkat 500 dunia [Sumber: Edukasi Kompas].

Dengan target demikian, maka saya menganalisa kira-kira saya punya kemampuan apa yang dapat berkontribusi pada pengembangan kualitas pendidikan dan penelitian UNPAD yang mampu meningkatkan rankingnya secara global. Kemampuan tersebut tentunya saya buktikan dengan hasil kerja atau karya yang pernah saya lakukan sebelumnya, yaitu kegiatan seminar dan publikasi internasional.

Baca Selengkapnya
Next Post:

Resolusi 2022.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Arinal Haq Izzawati Nurrahma
I'm a scientist. Writing is an addicted leisure. I write about my experience and experiment. Life without diary is too wasteful.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram