fbpx

Cara Menentukan Judul Skripsi, Langsung Disetujui

Skripsi dikalangan kebanyakan mahasiswa dikenal sebagai sebuah momok yang terdengar menyeramkan. Hal ini karena skripsi merupakan syarat untuk dapat meraih gelar sarjana dan menyelsaikan pendidikan strata satu di perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Mengingat pentingnya tahapan penyusunan skripsi ini untuk nasib pendidikan dan masa depan Mu, persiapan yang matang bahkan sejak menginjak semester awal akan sangat membantu untuk mempercepat penyelsaian skripsi. Salah satu tahapan awal yang merupakan gerbang untuk memasuki tahapan menulis skripsi adalah menentukan judul skripsi yang menarik sehingga langsung disetujui pembimbingmu.

Tahapan menentukan judul skripsi ini mungkin terdengar mudah dan seringkali dianggap remeh. Namun pada kenyataanya justru menentukan judul skripsi tidak semudah yang dibayangkan. Menentukan judul yang tepat untuk skripsi sangatlah tricky. Tidak sedikit ditemui kasu-kasus fatal yang dialami mahasiswa karena kesalahan judul, bahkan banyak mahasiswa yang harus mengulang skripsinya dari awal karena pemilahan judul yang ambigu atau tidak jelas.

Oleh karena itu sebelum memutuskan judul untuk skripsimu ada baiknya kamu pertimbangkan dengan baik. Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menentukan judul yang menarik untuk skripsimu sehingga langsung disetujui oleh pembimbing skripsimu.

  1. Mengamati Lingkungan Sekitar

    Mengamati lingkungan sekitar tempat kamu berada merupakan cara awal yang bisa dilakukan untuk dapat menemukan inspirasi dan ide untuk judul skripsimu. Permasalahan yang mungkin terlihat sederhana disekitarmu bisa jadi merupakan suatu sumber inspirasi untuk skripsimu. Karena pada dasarnya skripsi seharusnya merupakan sesuatu yang bisa menawarkan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.

    Untuk dapat melihat permasalahan tersebut sehingga dapat dijadikan ide untuk menentukan judul skripsi haruslah diamati dengan cermat. Salah satu cara yang bisa kamu coba duntuk mengamati lingkungan sekitarmu adalah dengan menyiapkan lembar observasi atau melakukan wawancara dan menyiapkan berbagai pertanyaan hal-hal yang kamu temui.

    Contohnya jika kamu kuliah di bidang pendidikan, maka sekolah sekitar tempatmu berada adalah tempat yang kamu amati. Kamu bisa melihat permasalahan apa yang terjadi dalam pembelajaran, mengamati kebiasaan-kebiasa peserta didik dan hal-hal lainnya.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rani Oktapiani
Blog berisi kumpulan puisi dan cerita menarik sehari-hari, tips and trick, terkadang berbicara tentang dunia pendidikan dan sejarah.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram