fbpx

Cara Menghitung Mean Absolute Deviation (MAD) dengan Excel

7 June, 2022

Peramalan atau pendugaan memiliki banyak metode yang dapat digunakan untuk mengukur keakuratannya, namun tidak semua metode dapat sesuai dengan kasus yang ada. Tingkat akurasinya dapat diukur melalui MAD, Root Mean Squared Error (RMSE) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Namun kali ini yang akan dijabarkan adalah MAD.

Mean Absolute Deviation (MAD) adalah perhitungan yang digunakan untuk menghitung rata-rata kesalahan mutlak atau absolut. MAD digunakan jika seorang analis ingin mengukur kesalahan peramalan dalam unit ukuran yang sama seperti data aslinya. MAD mengukur ketepatan ramalan dengan merata-rata kesalahan dugaan (nilai absolut masing-masing kesalahan). MAD berguna ketika mengukur kesalahan ramalan dalam unita yang sama sebagai deret asli. MAD merupakan ukuran pertama kesalahan peramalan keseluruhan untuk sebuah model.MAD dari suatu set data adalah jarak rata-rata antara setiap nilai data dan rata-rata. MAD dalah cara untuk menggambarkan variasi dalam kumpulan data. MAD membantu kita memahami bagaimana penyebaran nilai-nilai dalam kumpulan data.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
aindhae
Masih belajar menulis! berkutat dengan blog pribadi dan menulis artikel di Korea.net sebagai Honorary Reporter.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram