fbpx

Cara Mengubah Gamis Menjadi Tunik

February 28, 2021

Oleh Sunartin

Model baju gamis mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam dunia fashion muslimah, termasuk di negara Indonesia. Dengan adanya perkembangan yang cukup pesat ini, banyak para desainer fashion berinovasi untuk mengembangkan model-model baju gamis yang lebih modis, elegan,  dan syar'i. Mulai dengan cara memadukan warna, motif, corak, dan model yang bervariasi dan kekinian.

GAMIS

Pengertian gamis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gamis merupakan kemeja yang merujuk pada pakaian panjang ala Pakistan, yaitu baju yang panjangnya sampai ke paha atau lebih bawah sedikit.

Kata gamis merupakan kata serapan dari bahasa Arab yaitu qamish yang artinya pakaian terusan dari atas tubuh sampai mata kaki.

Busana gamis adalah pakaian muslimah dengan model baju menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan mulai dari leher sampai ke mata kaki (Sumber: www.kanalinfo.web.id).

TUNIK

Tunik berasal dari bahasa Inggris yaitu tunic yang artinya pakaian longgar yang menutupi dada, bahu, dan punggung. Baju tunik ini bisa berlengan atau tanpa lengan dan panjangnya sampai di pinggul atau hingga di atas lutut (Sumber: id.wikipedia.org).

Setelah kami jelaskan tentang pengertian gamis  dan tunik, kami dari desainer D'Fatina Hijab ada sebuah permintaan dari seorang customer untuk mengubah gamis yang sudah jadi menjadi tunik.

Kenapa pengen diubah? Karena gamis tersebut kurang panjang sekitar 15 cm, padahal bagian bawahnya sudah disambung dan dirempel. Di atas rempel diberi aksen list kriwil-kriwil. Untuk itu, customer ingin mengubah gamis tersebut menjadi tunik agar lebih beda.

Apakah Anda memiliki masalah yang sama seperti customer saya di atas? Yuk kita simak baik-baik ya...!

Bagi kami ini merupakan sebuah tantangan bagaimana cara mengubah baju gamis menjadi tunik yang elegan. Panjang awal gamis sekitar 125 cm, mau dibuat tunik panjangnya menjadi 85 cm.

Detail gamis menggunakan bahan moscref warna hijau botol, bagian depan full kancing hidup dengan menggunakan kancing dinas warna senada dengan kain dasarnya. Bagian bawah ada sambungan rempel. Di bagian atas rempel diberi aksen list kriwil-kriwil warna sama dengan warna dasar. Sekilas mata memandang gamis tersebut monoton.

Nah, sekarang gamis tersebut kita bagi  menjadi tiga bagian. Pertama bagian atas potong pas pinggang, bagian tengah yang akan dibuang, dan bagian bawah yang akan disambungkan ke bagian pinggang tadi.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
d fatinahijab
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram