fbpx

Cerita di Balik Bahan Denim

Saat ini denim sudah menjadi fashion staple, tapi masih banyak yang belum tahu mengenai cerita dibalik bahan favorit sepanjang masa ini. Let's find out!

Asal Denim dan Jeans

Denim berasal dari kata "De Nimes" yang artinya "dari Nimes". Nimes adalah nama kota di Prancis dimana bahan denim berasal. Sedangkan "Jeans" berasal dari kata "Genes" yang artinya Genoa dalam bahasa Prancis. Jeans dipercaya pertama kali dibuat di Genoa, Italia pada abad 15.  Tapi baru setelah tahun 1950an, nama jeans dikenal, sebelumnya denim jeans disebut "waist overall".

Mengapa Jeans Berwarna Biru

Pewarna Indigo digunakan untuk mewarnai denim. Pewarna alami ini berasal dari tanaman Indigofera tinctoria, yang dihasilkan dan sejak lama digunakan di India. Tidak seperti kebanyakan pewarna alami yang, ketika dipanaskan, menembus serat kain secara langsung, indigo digabungkan bahan kimia yang disebut mordan hanya mewarnai bagian luar benang kain. Dengan setiap pencucian beberapa molekul pewarna ini terkelupas bersama potongan-potongan benang. Prosesnya melembutkan kain kasar dan membuat warnanya menjadi khas. Pada akhir abad ke-19, indigo organik digantikan dengan indigo sintetis yang lebih murah.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Jo Christie Huang
Hello, I am Jo. A graphic designer, living in Jakarta. Passionate about coffee, art and crafts. Currently into resin art. I hope you enjoy a piece of my loud mind.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram