fbpx

CERITA MPASI PERTAMA BAYIKU

5 May, 2022

Halo, Mums!

Saat ini babyku sudah menginjak umur 8 bulan. Meski telat, tapi aku ingin berbagi cerita mengenai MPASI pertama pada babyku.

Aku sudah mulai mengenalkan MPASI pada babyku di umurnya yang ke-5 bulan. Pada saat itu, ia sudah menunjukkan tanda-tanda siap untuk MPASI. Apa saja tanda-tandanya?

- Tertarik melihat orang lain makan

- Mengecap mulut seperti ingin makan

- Hobi memasukkan barang apapun ke dalam mulut

- Selalu membuka mulut setiap kali didekatkan sendok

- Selalu merasa lapar meski sudah minum susu berbotol-botol

- Sudah mampu duduk sendiri meski belum sempurna

Nah, karena aku melihat adanya tanda-tanda kesiapan MPASI tersebutlah aku memutuskan untuk memberinya MPASI pertama. MPASI pertama yang aku coba adalah dengan menggunakan bubur Cerelac rasa Beras Merah atas rekomendasi dari temanku. Hasilnya babyku pun lahap. Aku merasa senang dan tenang. Hal tersebut berlanjut sampai suatu ketika di usianya yang sudah mencapai 6 bulan, bubur Cerelac rasa Beras Merah lagi kosong, sehingga terpaksa aku belikan rasa yang lain, yakni bubur Cerelac rasa Apel Pisang.

Dan di sinilah drama per-MPASI-an di mulai 😂. Babyku tidak cukup suka dengan rasanya! Pikirku, mungkin karena ini merupakan hal baru baginya, yakni pengenalan rasa sehingga aku harus telaten menyuapinya sedikit demi sedikit dan tidak memaksa. Jika hari ini ia menolak, maka aku coba di keesokan harinya. Alhamdulillaaah, lambat laun babyku sudah mulai terbiasa dan sudah bisa menyukai bubur Cerelac yang rasa Apel Pisang.

Tidak selesai di situ, drama selanjutnya datang, babyku jadi susah pup karena mengkonsumsi bubur Cerelac yang rasa Apel Pisang tadi. Akhirnya aku coba ganti dengan bubur Cerelac rasa Bubur Merah + Susu karena yang rasa Bubur Merah aja masih belum restok. Alhasil, babyku jadi terkena mencret 😂. Tanpa pikir panjang lagi, aku langsung mencari bubur Cerelac rasa Beras Merah aja (tanpa tambahan susu) di toko lain yang agak jauh dari rumah. Alahmdulillaaah, pup-nya sudah kembali normal 😊.

Drama berikutnya datang ketika babyku sudah menginjak usia 7 bulan. Aku sebagai seorang 'Ibu' berinisatif untuk membuatkannya MPASI hasil karyaku sendiri. Selain tujuannya agar menghemat pengeluaran (biar nggak bolak balik beli bubur instan terus, hihihi), juga karena aku ingin mengenalkan rasa bubur alami yang sesungguhnya dari nasi, sayuran, dan daging. Jadilah menu MPASI bubur tim dengan topping bayam dan daging ayam 🥰. Tapi pas aku suapin, *jengjengjeng* , babyku nggak suka 😅. Ia selalu mau muntah setiap kali aku suapi bubur tim. Sudah berulang kali aku bereksperimen agar babyku suka bubur tim, tapi tetep nggak suka. Mulai dari bubur tim yang ber-rasa sampai plain, mulai dari bubur yang bertekstur kasar hingga lembut, mulai dari banyak campuran topping hingga tanpa topping, babyku teteeeep nggak mau. Sampai pada suatu hari saat aku lunch dengan menu tempe dan sayur bayam, aku iseng menyuapinya nasi biasa dengan kuah bayam saja, eh kok malah suka. Rupanya babyku belum bisa melumat dan nelen bubur tim. Seperti yang kita tau ya Mums bubur tim dari nasi kan agak sedikit lengket di mulut, jadi mungkin itu yang menyebabkan babyku ndak suka bubur tim.

Okay, akhirnya aku menyerah bikin bubur tim sendiri. Jadi sekarang aku masih percayakan MPASI-nya di bubur Cerelac, kali ini yang berjenis Bubur Tim Rasa Ayam Wortel yang khusus untuk bayi usia 7+. Yah, seperti biasa, butuh penyesuaian rasa dan juga tekstur meski menurutku tidak ada bedanya dengan bubur Beras Merah 😅. Yang penting anakku suka, jadi aku pun bisa tenang. Bahkan di usianya sekarang yang sudah menginjak 8 bulan pun masih aku berikan bubur tim Cerelac mengingat saat ini aku sudah mulai bekerja lagi, fufufu 🤭.

Meskipun begitu, sebagai seorang IBU, aku tetap akan mengusahakan membuat bubur tim sendiri agar ia bisa mendapatkan nutrisi yang sebenarnya 😇. Sekian curcolku kali ini, Mums! Terima kasih sudah mau membaca, fufufu 🤭.

❥  THANKYOU FOR VISITING, MUMS!  

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Eka Renny
I'm a mother of one child and Snowy's catmom too .. I love drinking a cup of coffee, blogging, shopping, and i love my hubby especially. Hihihi Visit my blog at : www.eka-renny.blogspot.com Follow my IG at : ekarennyyy Twitter at : ekarennyyy Pinterest at : ekarennyyy Nice to know y'all! ^^
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram