fbpx

Ide Kegiatan di Rumah Agar Tetap Aktif dan Update Selama Pandemi

February 11, 2021
Setahun lalu, kita, masyarakat Indonesia masih bisa bikin guyonan tentang covid. "Orang Indonesia udah kebal, dikerokin, pake minyak angin, sama minum teh anget juga sembuh." Candaan senada ini banyak berkeliaran di beranda media sosial. Saat Indonesia masih 0 kasus (yang sangat diragukan oleh WHO), sementara negara-negara lain sudah kalang-kabut.
Setahun kemudian, sekarang, keadaan seperti jungkir-balik. Negara lain sudah mulai bisa mengatasi, tetapi sepertinya Indonesia mengalami endless first wave. Selama itu pula aku memutuskan untuk tidak bepergian, termasuk pulang kampung. Semua aktivitas aku lakukan di rumah.
Emang di rumah terus nggak bosan? Ada kalanya rasa bosan datang. Namun, coba kita tengok sejarah, pada masa pandemi flu Spanyol, tahun 1918 dulu. Kondisi perang, ada pandemi pula, nggak kebayang kalau itu terjadi sekarang. Teknologi yang sudah sangat canggih membuat kondisi pandemi sekarang jauh lebih mending daripada ketika flu Spanyol dulu.
Setidaknya, kita bisa mendapat informasi tentang pandemi yang sedang terjadi. Selain itu, teknologi juga sangat membantu kita untuk bisa beraktivitas dari rumah. Berikut beberapa ide kegiatan di rumah agar tetap aktif dan update selama pandemi:

1. Belajar hal baru dengan ikut kelas atau kursus online

Selama pandemi, kelas dan kursus online makin menjamur. Berbagai jenis kelas tersedia, mulai dari kelas menulis, memasak, fotografi, tahsin, tahfidz, dan banyak lagi. Sebelum pandemi pun aku sudah tahu ada beberapa kelas online, misalnya kelas menulis. Siapa sangka pandemi membuat kelas online makin banyak, baik yang gratis ataupun berbayar.
Selama pandemi, aku mulai ngeblog lagi dan ingin serius, bukan sekadar pelarian sesaat. Oleh karena itu, aku ikut beberapa kelas ngeblog, antara lain mentoring di Institut Ibu Profesional, ISB blog course bersama Teh Ani Berta, dan kelas SEO moms.
Selain kelas ngeblog, aku juga mencoba hal baru yang dulu aku anggap sebagai kelemahanku, yaitu kelas digital design, belajar menggambar digital menggunakan aplikasi medibang. Aku yang nggak punya jiwa seni ini ternyata menikmati proses menggambar, walaupun hasilnya masih seperti gambar anak TK wkwk. Selain belajar menggambar digital, aku juga belajar desain dengan canva. Kalau ini, aku belajar di kelas ISB juga, ikut kelas ngeblog dapat bonus kelas canva.
Berkat kelas-kelas online ini aku punya kegiatan yang berfaedah walaupun di rumah saja. Selain menambah skill, tentunya menambah kenalan dan koneksi.
Apa lagi kegiatan yang bisa dilakukan di rumah agar tetap update? Simak artikel selengkapnya di blogku ya 🙂
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wiwit widiastuti
saya adalah seorang ibu dari satu putri. Berprofesi sebagai dokter yang suka membaca dan menulis.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram