fbpx

Kenapa Harus ada Keadilan Gender? Apa Indikatornya?

31 December, 2021

Beberapa kali saya ikut webinar dan pelatihan kesetaraan gender. Sewaktu pertama kali mengikuti, saya merasa ternyata banyak yang tidak saya tahu. Seperti perbedaan gender dan seks. Barangkali, sebagian orang belum benar-benar memahami perbedaan antara gender dan seks. Kemudian mengapa perlu adanya kesetaraan gender.

Secara sederhana, seks merupakan jenis kelamin atau bawaan biologis yang diberikan tuhan dan dibawa manusia sejak lahir. Contoh, laki-laki memiliki penis dan perempuan memiliki vagina, laki-laki punya sperma dan perempuan memiliki sel telur, perempuan mengalami menstruasi, hamil, melahirkan dan menyusui sementara laki-laki tidak. Itulah, hal-hal yang dikatakan sebagai seks atau perbedaan biologis yang sifatnya kodrati, tidak dapat diubah.

Berbeda dengan gender, gender merupakan peran yang biasanya dilakukan oleh laki-laki dan perempuan, pembentukannya dipengaruhi oleh budaya sosial, serta dapat diubah sesuai perkembangan zaman. Contoh, perempuan haid di suatu daerah tidak boleh keluar rumah karena diyakini membawa energi buruk, kemudian kewajiban mengerjakan pekerjaan domestik yang dilimpahkan pada perempuan, sementara laki-laki diwajibkan mencari nafkah.

Baca Selengkapnya
Next Post:

Exfo Without Fear

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ririn Erviana
Perempuan yang Suka Bercerita
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram