fbpx

KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN JAMAAH UMRAH SAAT CITY TOUR KE JABAL RAHMAH

1 July, 2022

Jabal Rahmah adalah sebuah bukit batu yang terletak di tengah Padang Arafah.  Di Kaki Jabal Rahmah adalah tempat dimana Rasulullah ﷺ menyampaikan khotbah haji di Hari Arafah. Jabal Rahmah juga dipercaya sebagi tempat bertemunya Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama berpisah.

Saat kita melakukan safar umrah, biasanya akan diajak city tour ke Jabal Rahmah sesampainya di Kota Makkah untuk napak tilas. 

 


 

Namun sangat disayangkan, banyak sekali jamaah umrah yang melakukan tindakan-tindakan yang tidak terpuji karena percaya pada khurafat atau takhayul atau mitos yang tidak berdasar dan tidak ada tuntunannya dari Rasulullah ﷺ. 

1. Naik Jabal Rahmah dengan niat yang salah

Tidak ada kewajiban kita untuk naik ke Jabal Rahmah. Rasulullah bahkan menyampaikan khotbah haji hanya di kaki Jabal Rahmah, tidak naik ke puncaknya.

Namun yang terjadi adalah banyak jamaah umrah yang memaksakan diri naik ke Jabal Rahmah karena percaya khurafat/takhayul/mitos yang tidak jelas asal muasalnya. Kadang kasihan juga lihat lansia yang jalan saja sudah payah tapi mekasakan diri naik ke puncak karena percaya bahwa yang belum berjodoh akan menemukan jodohnya, yang sudah menikah cintanya akan abadi, dan lain sebagainya.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dita
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram