fbpx

Apakah Natto Halal Bagi Muslim? Cek Info Tentang Natto

14 July, 2022

Apakah Natto Halal – Sakinahbersamamu.com. Dari sekian banyak perbedaan antara Indonesia dan Jepang ternyata ada juga makanan khas Jepang yang mirip dengan makanan di Indonesia lho. Sebagian orang Indonesia yang pernah mengkonsumsinya saat tinggal di Jepang menyebutnya mirip dengan tempe jika di Indonesia.

Yah natto. Makanan asli Jepang ini sering dijadikan menu sarapan pagi di sana.

Natto telah dipercaya memiliki banyak kandungan nutrisi baik untuk tubuh. Mulai dari kalori, protein dan lemak tak jenuh. Natto cocok dikonsumsi untuk mereka yang diet serta untuk menutrisi organ pencernaan karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Mungkin bagi kamu yang suka menonton film berlatar negara Jepang pernah menemukan hidangan yang sekilas terlihat seperti butiran kacang kedelai kecokelatan dan lengket antar butiran kedelenya. Pertanyaannya apakah natto memang terbuat dari kedelai.

Mungkin sudah banyak yang penasaran dengan makanan asli Jepang ini karena di google pun sudah banyak yang berjualan lho. Dengan harga yang bervariasi dan cukup ramah kantong tentunya.

Siapa tahu akan ada natto versi Indonesia ya hehe.

Natto Terbuat Dari Apa, Apakah Natto Halal

natto halal, natto beli di shopee, penjual natto online,
Sumber: nyrture.com

Natto adalah salah satu makanan berasal dari Jepang yang terbuat dari kacang kedelai. Kacang kedelai tersebut lalu di fermentasi dengan bakteri natto yang didiamkan beberapa saat sekitaran 24 jam kemudian baru bisa dinikmati sebagai hidangan.

Sebelum dinikmati natto biasanya diolah sebentar agar hangat dan rasanya lebih bisa enak untuk disantap. Bisa ditambahkan kecap manis dan asin sama taburan potongan daun bawang agar harum dn sedap.

Bagaimana Gambaran Rasa Natto Di Lidah Orang Indonesia

Hasil interview dengan mahasiswa Indonesia yang pernah tinggal di Jepang selama kurang lebih 3 tahun, menyebutkan bahwa natto ini kalau di Indonesia mirip dengan tempe yang kematengan atau hampir mendekati membusuk tetapi tidak busuk bangetlah ya, jadi baunya sengau-sengau gimana gitu dan benyek.

Ada juga orang Indonesia yang lebih menyebut natto ini irip dengan oncom. Nah yang suka oncom bisa mulai meraba-raba kaya apa natto ini ya. Hehe penasaran ya …

Bagi kamu yang pertama kali mengkonsumsinya pasti akan merasa aneh, dan keungkinan tidak langsung bisa menyukainya. Butuh waktulah lidah Indonesia untuk bisa menyukai natto ini.

Nah terbayang ya seperti apa rasa natto. Faktanya tak semua orang Jepang juga menyukainya mengingat ada bau khas kedelai yang telah difermentasi tersebut. Namun katanya hari ini sudah ada natto yang tidak berbau seperti natto yang dulu.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ana Khoiruroh
For Mom And Everything That Matters www.sakinahbersamamu.com
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram