fbpx

Ketika Istri Ikut Mencari Nafkah untuk Kebutuhan keluarga

11 November, 2022
Tulisan di tema #FridayMarriage kali ini, terinspirasi dari beberapa konten YouTube yang beberapa hari belakangan saya tonton.
Kebanyakan sih komedi, tapi entah mengapa saya merasakan ada yang jadi serius tertutup candaan dalam acara tersebut.
Sebut saja, Musdalifah Basri.
Seorang komedian keluaran SUCA (Stand Up Comedy Academy) Indosiar, yang sekarang lebih aktif dengan bikin konten komedi di media sosial, khususnya TikTok.
Ketika itu, secara nggak sengaja, saya liat konten YouTube di channel yang dikelola oleh Boris, yaitu Plus26, yang mana menerima bintang tamu Musdalifah Basri sebagai pelapor di Divisi Problem yang menjadi tema dari konten Plus26 tersebut.
Secara keseluruhan, konten yang dibuat dengan bintang tamu Musdalifah ini lumayan menghibur, dengan joke-joke yang bermula dari kekonyolan Musda.
Namun, ada beberapa hal yang mengganggu pikiran saya, yaitu ketika dia berkali-kali menyinggung tentang dia harus membayar banyak keperluan dan kebutuhan rumah tangga.
Bermula dari joke ketika pertama kali bertemu, mereka memutuskan split bill (membayar pengeluaran makan atau lainnya sendiri-sendiri) ketika kencan, lalu disambung Musda bahwa sekarang semuanya dia yang bayar.
Hmmm...
Meskipun Boris yang di Plus26 sebagai Robys mengatakan bahwa, setelah menikah tetap split bill, tetap saja tidak bisa menyembunyikan, bahwa Musdalifah sebagai istri mencari nafkah sendiri juga.
Kalau dilihat-lihat, suami Musdalifah sebenarnya juga turut andil dalam pekerjaan mereka saat ini, sebagai konten kreator, hal ini terlihat dari seringnya Musda membuat konten bersama suaminya tersebut.
Tapi juga tidak bisa dipungkiri, kalau konten-konten mereka bisa FYP (For Your Page) di TikTok, tiada lain karena peran si Musda yang memang kocak dan pekerja keras melebihi suaminya.
Hampir sama juga dengan Musdalifah Basri, dalam Plus26 tersebut, juga pernah mengundang Ryuka Bunga, yang juga merupakan komedian seleb di TikTok juga.
Ryuka Bunga juga mengalami hal yang sama dengan Musda, di mana dia yang lebih banyak berperan dalam mencari nafkah untuk kebutuhan rumah tangga.
Bahkan untuk membeli rumah yang mereka tempati pun, semua dari kerja keras Ryuka Bunga.
Sampai-sampai Ryuka bercanda, bahwa dia ingin di kartu keluarga, dia sebagai kepala keluarga, dan suaminya, si Heri Hore berada di baris paling akhir, saking dia merasa yang selalu membiayai kebutuhan rumah tangga mereka.
Memang sih bercanda, tapi tetap saja itu mencerminkan kehidupan nyata, sama dengan Musda, realita berbalut candaan.
Meskipun kalau Ryuka sebenarnya masih lebih mending ya, karena suaminya merupakan seorang komedian, jadinya hampir semua konsep konten yang dibawakan dengan apik oleh Ryuka Bunga di TikTok, disusun materinya sepenuhnya oleh sang suami.
Musdalifah dan Ryuka Bunga, merupakan dua istri dari banyak istri masa kini, yang terpaksa mencari nafkah sendiri, meskipun nggak semuanya mungkin berawal dari 'terpaksa', namun lama-lama jadi 'terpaksa' alias 'dipaksa' keadaan.
Begitu banyak wanita-wanita berstatus istri, yang terpaksa mengambil kewajiban suami, untuk dipikulnya.
Kalau punya suami yang tahu diri sih, para istri tersebut masih berbahagia, karena statusnya hanya sebatas istri membantu suami mencari nafkah.
Namun, kalau yang berjodoh dengan suami yang malah keenakan melihat istri bisa menghasilkan uang sendiri, apalagi penghasilannya lebih besar, jadilah lama-lama kewajiban suami dalam mencari nafkah untuk keluarga, berpindah ke bahu sang istri.
Selengkapnya baca di sini ya 🙂
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
@reyneraea
Seorang ibu dengan 2 putra yang suka berbagi pengalaman diri lewat tulisan
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram