KETIKA MENDENGAR HANYA UNTUK MEMBALAS, BUKAN UNTUK MENGERTI.

April 1, 2021

Pernah merasa tidak didengar ketika bercerita? Tapi si lawan bicara merasa sudah cukup mendengar? Padahal ketika yang diceritakan berisi informasi dan masalah yang cukup pelik, mendengarkan saja tidak cukup. Bagaimana dengan menyimak? Menyimak adalah mendengar dengan seksama, memahami setiap isi cerita dengan baik supaya lebih mengerti pada permasalahan yang ada.

Keahlian ini bukanlah tidak mungkin dilakukan, kelihatan sepele tapi butuh konsentrasi dan ego yang tidak tinggi supaya bisa mencapai pengertian yang diinginkan si pencerita. Sebagai pencerita, adakalanya harus mengalah untuk tidak memaksakan seseorang mengerti karena bagaimanapun juga, reaksi seseorang adalah hal yang tidak bisa diatur. Sebagai pendengar, perlunya memahami bahwa mendengarkan cerita adalah untuk dipahami, bukan hanya sekedar membalas saja.

Baca Selengkapnya
Previous Post:

COVID-19 ANNIVERSARY

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Sofia Deminiari Swanantika Widodo
Ibu tunggal yang selalu belajar untuk berdaya dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Meracik kata dengan seksama sehingga tidak kehilangan essensinya.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram