fbpx

MAU JADI BLOGGER? KEPOIN DULU NIH BUKU \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"NGEBLOG DARI NOL\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"

28 January, 2022

Siapa yang tidak kenal dengan blog, salah satu platform digital yang menjadi wadah bagi siapapun yang memiliki hobi menulis, termasuk aku. Tidak hanya untuk menyalurkan hobi, jika blog diisi dengan konten-konten yang berkualitas secara konsisten, kita bisa dapat penghasilan yang jumlahnya lumayan. Waw, menyenangkan, bukan? Lalu, apakah semua itu bisa didapatkan secara instan? Tentu saja tidak. Segala sesuatu tidak ada yang instan, harus dirintis dari awal dan itu butuh kesabaran yang ekstra. Setidaknya itulah yang aku rasakan selama memiliki blog.

Aku mempelajari blog secara otodidak, mulai dari memilih domain, mempelajari fitur-fitur di dalamnya, hingga cara menulisnya. Awalnya aku semangat 45 menggunakan blog untuk meyalurkan hobi menulisku, tetapi lama kelamaan aku bingung harus menulis apa. Apalagi jika blog yang aku miliki ini ingin dikunjungi banyak orang, tentu konten yang aku sajikan harus berkualitas dan tidak ketinggalan zaman. Ujung-ujungnya blogku terbengkalai, jarang aku perbarui, bahkan sempat ganti-ganti blog dengan alamat baru.

Setelah aku telusuri, ternyata aku tidak cukup hanya bermodal belajar otodidak dalam mengolah blog. Aku harus belajar pada ahlinya, belajar pada mereka yang sudah senior dalam urusan perblog-an. Jadi, aku cari tahu komunitas-komunitas blog yang ada melalui instagram. Aku menemukan 2 komunitas yang sekiranya bisa aku ikuti, salah satunya Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Aku ikuti akun instagramnya, tetapi aku belum mengikuti kegiatannya. Aku masih ragu karena usiaku sudah cukup untuk panggilan "Ibu-Ibu" tetapi statusku belum "Ibu-Ibu". Alhasil, aku hanya menjadi followers instagramnya saja.
Suatu hari akun instagram IIDN mempromosikan sebuah buku, judulnya Ngeblog Dari Nol. Baru baca judul bukunya saja aku langsung tertarik, apalagi ada bonus Blog Plannernya pula. Cocok banget untukku yang masih kaku dalam ngeblog. Tanpa pikir panjang, aku ikut PO bukunya, lalu aku masuk ke dalam grup WhatsAppnya.
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Auliya Nurrahman
Writing is not just about writing, but it's about giving something
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram