fbpx

Mengapa Kita Perlu Healing Sambil Dengar Alam Bernyanyi

11 August, 2022

Belakangan ini kita sering mendengar kata-kata healing. Seluruh aktivitas yang menyenangkan selalu disebut dengan healing.

Baik jalan-jalan, belanja, makan bakso, tidur, dan aktivitas menyenangkan lainnya. Sebenarnya, apa sih arti healing itu? Apakah semua aktivitas dapat dikatakan healing? Yuk simak artikelnya sampai habis.

Healing sendiri berarti proses penyembuhan yang dilakukan oleh orang yang mengalami masalah pada mentalnya. Seperti trauma, gangguan kecemasan, dan masalah mental lainnya.

Faktanya, healing bisa dilakukan oleh diri sendiri, kita sering mendengarnya dengan sebutan self- healing.

Tubuh manusia didesain Tuhan dengan sedemikian rupa hebatnya. Tubuh manusia dapat memperbaiki dan menyembuhkan luka-luka yang dialaminya dengan beberapa cara tertentu.

Healing sendiri bertujuan agar manusia yang sedang memiliki masalah pada emosi dan mentalnya dapat berfungsi kembali dengan baik, bangkit dari keterpurukan, memahami diri sendiri dan dapat merespons kejadian dengan sehat.

PENYEBAB DILAKUKANNYA HEALING
Setiap manusia hampir pasti pernah merasakan luka pada emosinya. Bisa karena putus cinta, kepergian orang tua, perilaku tidak mengenakkan yang menimbulkan trauma, perundungan, dan masalah hidup lainnya.

Luka-luka tersebut bersarang dalam diri manusia, dan kita harus menyelesaikannya jika ingin sampai pada kedamaian hidup.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018, terdapat lebih dari 19 juta penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional dan lebih dari 12 juta penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Kasus kesehatan mental memang sudah menjadi isu penting yang harus diupayakan edukasi dan penanganannya di Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah psikologis tersebut adalah dengan menjalankan rangkaian proses penyembuhan atau healing.

Proses healing harus dilakukan dengan pendampingan dari tenaga profesional seperti psikolog dan psikiater. Adapun jika melakukannya secara mandiri, harus dengan riset, ilmu dan bimbingan dari profesional.

Yuks baca artikel lengkapnya di blogku.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Annsia Khairiyyah Rahmi
Hallo. I'am AnnisaKhairiyy Blogger|Psychology Student|Reader|Mental Health, Child, and Family Enthusiast.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram