fbpx

Mengenal Masyarakat Adat, The Guardian Hutan Indonesia

Kita generasi 90-an pasti tidak asing dengan sosok Soren dan petualangannya menemukan the guardians atau pengawal Ga' Hoole. Siapakah the guardian yang dimaksud dalam film animasi yang diproduksi Warner Bros ini ? Mereka adalah sekelompok prajurit bersayap yang telah terlibat dalam pertempuran besar untuk menyelamatkan semua burung hantu dari Pure Ones yang jahat. Sederhanya, The guardians adalah sosok pahlawan yang menjaga dunia burung hantu pada film tersebut.Kisah mengenai sosok-sosok pahlawan dan aksi-aksi heroik memang sangat menarik untuk diikuti ya ?

Tak hanya di dunia animasi, di dunia nyata sehari-hari, banyak sekali sosok pahlawan yang dapat kita jumpai. Mulai dari Bapak dan Ibu Guru sebagai pahlawan pendidikan, aktivis sebagai pahlawan lingkungan, sampai segenap tenaga kesehatan yang menyelamatkan dunia ketika dilanda pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini.

Bagaimana dengan hutan kita, adakah pahlawan yang menjaganya dengan segenap jiwa ?

Sebagai negara dengan tutupan hutan tropis terluas ketiga di dunia, kelestarian hutan sudah sepatutnya menjadi concern kita bersama.

Kabar baiknya, Indonesia memiliki sosok penjaga hutan yang begitu luar biasa, siapakah mereka ? The one and only Masyarakat Adat atau yang secara internasional dikenal dengan istilah Indegenous People.

Mengenal Lebih Jauh Masyarakat Adat  

Dilansir dari Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), sebuah organisasi kemasyarakatan independen dengan visi untuk mewujudkan kehidupan yang adil dan sejahtera bagi semua masyarakat adat di Indonesia, didapatkan definisi apa itu masyarakat adat.

"Masyarakat Adat/ Indegenous People adalah sekelompok masyarakat yang memiliki sejarah asal-usul dan menempati wilayah adat secara turun-temurun."

Masyarakat Adat memiliki kedaulatan atas tanah dan kekayaan alam, kehidupan sosial-budaya yang diatur oleh hukum adat, dan lembaga adat yang mempertahankan keberlanjutan Masyarakat Adat sebagai komunitas.

Lantas, apa yang membedakan Masyarakat Adat dengan masyarakat pada umumnya ?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Julita Hasanah
sedikit banyak membagi pengalaman pendidikan, mendapatkan beasiswa studi master, serta pandangan hidup.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram