fbpx

Menilik Makna Festival Lembah Baliem, Kobarkan Semangat dan Harapan Baru Untuk PON XX Papua

PON XX Papua  akan diselenggarakan Oktober mendatang. Artinya, 2 Bulan dari sekarang, Papua akan membawa Indonesia pada semangat dan harapan baru, menuju kebangkitan bak Mentari Harapan Baru dari Timur. Ngomong-ngomong soal semangat dan harapan baru, saya jadi ingat salah satu festival heroik nan eksotis yang kaya makna. Festival Lembah Baliem namanya. Festival Lembah Baliem merupakan festival budaya yang diselenggarakan di Lembah Baliem oleh tiga suku asli pedalaman Papua yaitu Suku Dani, Yali, dan Lani. Keunikan dari festival ini adalah adanya roleplay perang antar suku yang dibalut filosofi dan semangat juang.

Meskipun diceritakan berperang, festival tersebut sejatinya tidak menjadikan balas dendam atau permusuhan sebagai tema namun justru bermakna positif yaitu Yogotak Hubuluk Motog Hanoro yang berarti Harapan Akan Hari Esok yang Harus Lebih Baik dari Hari Ini. Seperti halnya Pekan Olahraga Nasional XX di Papua yang akan menjadi “Mentari Harapan Baru Dari Timur” yang diharapkan dapat membangkitkan semangat baru bagi kebangkitan Bangsa Indonesia dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Lebih-lebih untuk kebangkitan Papua sendiri. Potensi bentang alam, seni, budaya dan semangat masyarakatnya diharapkan mampu meningkatkan perekonomian demi kesejahteraan masyarakat Papua.

 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Ni Made Ayu Natih Widhiarini
Seorang fresh graduated jurusan Pariwisata yang sangat suka meneliti dan menulis. Blog : http://natih.net
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram