Menjahit Baju Colorblock untuk Memaksimalkan Bahan

February 17, 2021

Untuk yang suka menjahit, pasti ada, kan, sisa-sisa kain yang tidak cukup untuk digunakan membuat baju baru tapi sayang kalau dibuang? Dalam blog post ini aku ingin memberi contoh menggunakan sisa kain menjahit untuk membuat baju colorblock. Colorblock itu menyatukan beberapa warna dalam satu pakaian makanya sangat pas untuk memaksimalkan sisa kain. Di sini aku menunjukkan dua baju yang aku buat dengan menggunakan pola dari Fabrics Store namun dengan kain yang berbeda-beda sesuai yang ada di rumah. Ada kain sisa seragam sekolah, sisa baju batik, dan lain-lain.

Ada cara yang berbeda-beda untuk baju colorblock, jadi yang pertama aku buat dengan membagi baju ke dalam tiga potongan warna berbeda secara horizontal dan yang kedua aku membuat kemeja dengan panel kanan dan kiri berbeda warna. Untuk baju pertama, aku mengumpulkan beberapa kain dengan warna senada, yaitu kuning, coklat muda, dan coklat tua. Lalu menjiplak pola Cara Blouse dari Fabrics Store yang sudah aku lipat menjadi tiga. Setelah itu ketiga bagian tersebut aku satukan menjadi satu panel depan dan satu panel belakang. Sisanya aku mengikuti tutorial yang ada seperti biasa saja.

Untuk baju kedua, ini adalah pertama kalinya aku membuat kemeja dan untung sih sebenarnya aku pakai warna yang berbeda kiri dan kanan karena hasil akhirnya beda panjangnya. Hahaha kalau warnanya berbeda kan terlihat seolah-olah memang sengaja asimetris ya, padahal itu tidak sengaja. Jadi kain batik ungu ini adalah sisa dari terakhir kali aku membuat kardigan kimono yang tutorialnya juga aku post di blogku. Kain abu-abunya juga sisa jahitan nenekku yang tidak cukup membuat satu baju utuh. Bahkan lengannya saja agak kependekan, ya. Untuk kemeja ini aku mengikuti pola Anca High-Low Hem Shirt yang tersedia di web Fabrics Store juga dengan beberapa modifikasi kecil, seperti ukuran kantung dada, panjang hem belakang, dan panjang lengan. Memang, enaknya menjahit baju sendiri adalah bisa menyesuaikan sebagaimanapun yang kita mau.

Simak blogku untuk foto-fotonya dan tips lebih lanjut.

Baca Selengkapnya
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Anindya Apta
Nama saya Anindya, saya senang menulis dan sudah lama menulis blog. Isi blog saya sangat beragam tetapi pastinya adalah hal-hal yang membuat saya senang. Mulai dari pengalaman jalan-jalan, review buku, fashion, hingga hobi-hobi saya yang lain.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram