fbpx

Pengacara Tangkas, Oh Soo Jae

4 August, 2022

Misteri, melodrama dan hukum, sepertinya menjadi tema yang banyak diangkat drama Korea akhir-akhir ini. Salah satu drakor tersebut berjudul Why Her? yang menggaet Seo Hyun Jin, Hwang In Youp dan Heo Joon Ho sebagai tokoh sentralnya.

Ngomong-ngomong tentang Seo Hyun Jin nih, sungguh membuat saya penasaran. Sebab yang saya tahu aktris satu ini keren sekali bila berakting komedi romantis. Lalu kira-kira bagaimana jika disuguhi akting sangat serius dan penuh konflik ya?

Namun ternyata, dalam drakor Why Her? Soe Hyun Jin langsung berhasil mendapatkan bintang lima dari saya, hehe. Diluar dugaan pula, bila chemistry-nya dengan Hwang In Youp begitu manis.

Memangnya Why Her? bercerita tentang apa sih?

Why Her? adalah drama serial Korea Selatan yang disutradarai oleh Park Soo Jin. Drama ini bertema misteri, melodrama yang dibumbui tema hukum. Drama berjumlah enam belas episode ini merupakan produksi SBS Tv yang berkolaborasi dengan Viu loh! Kendati Why Her? sudah berakhir pekan lalu, Teteman dapat menontonnya di Viu atau aplikasi tontonan lainnya.

Secara garis besar, Why Her? bercerita tentang pencarian pelaku kejahatan oleh seorang pengacara wanita. Pengacara wanita ini bernama Oh Soo Jae (diperankan oleh Soe Hyun Jin).

Oh Soo Jae adalah salah satu karyawan firma hukum TK yang sangat berprestasi dalam menyelesaikan berbagai konflik kliennya. Enggak perlu heran sih, sebab dia sangat gigih dan profesional yang berprinsip "Jangan sampai klienku dipenjara".

Kendati demikian, rekan kerja di firma banyak yang tidak menyukai Soo Jae. Dia disebut terlalu dingin dan apatis. Walaupun pada dasarnya Soo Jae merupakan orang yang lembut, hangat dan tulus.

Dewasa saya dia bersikap demikian untuk menutupi kerapuhannya dari pengalaman hidup yang cukup pelik dan menyakitkan. Dia mempunyai masa lalu yang menyakitkan dengan keluarga pimpinan firma TK yakni Choi Tae Guk (yang diperankan oleh Heo Joon Ho).

Dulu saat menjadi junior di TK, Soo Jae hampir menikah dengan Choi Ju Wan (putra sulung Choi Tae Guk), bahkan Soo Jae sedang mengandung putrinya. Namun Choi Tae Guk yang gengsi mempunyai menantu seperti Soo Jae mengirimnya ke Amerika dengan iming-iming akan menikahkan mereka setalah melahirkan di sana.

Akan tetapi, semua itu omong kosong dan akal-akalan Choi Tae Guk semata. Choi Tae Guk bahkan tega mengatakan kepada Soo Jae bila anak yang dikandungnya meninggal saat dilahirkan.

Setelah menerima kenyataan pahit itu, Soo Jae dengan berat hati kembali ke Korea. Dia juga mendatangi Choi Tae Guk dan memintanya untuk membiarkan dia tetap bekerja atau Soo Jae akan menyebarkan hubungannya dengan Ju Wan.

You know-lah, Choi Tae Guk yang tidak ingin nama anaknya tercemar pun tak ingin kekuasaannya hancur, dia memutuskan kembali menerima Soo Jae sebagai karyawan TK. Lantas begitulah awal mula kesuksesan Oh Soo Jae menjadi pengacara.

Suatu ketika, Choi Tae Guk yang merasa Soo Jae bersikap 'sok kuasa' bila TK miliknya, memutuskan mengirim Soo Jae ke salah satu kampus sebagai dosen tamu. Padahal seharusnya dia mendapatkan promosi jabatan. Alhasil, Soo Jae menerimanya dengan berat hati.

Saat menjadi dosen tamu inilah, Soo Jae bertemu dengan masa lalunya. Sebuah masa lalu tentang kasus yang tidak bisa dia menangkan. Sehingga merenggut kehidupan seseorang.

Kalau enggak salah, kasus pertama Soo Jae menjadi pengacara yang harus membela remaja bernama Kim Dong Gu (diperankan oleh Hwang In Youp) yang diduga membunuh adik tirinya.

Pada saat itu bukannya Soo Jae menyerah pada kasus Dong Gu, tapi melihat situasi dan semua bukti nyata tertuju padanya membuat Soo Jae tidak bisa berbuat apa-apa. Kendati sampai akhir, Soo Jae percaya Kim Dong Gu bukanlah pelakunya.

Kim Dong Gu akhirnya dipenjara, tapi satu tahun kemudian dia dibebaskan karena pelaku 'sebenarnya' telah ditangkap.

Kendati pelaku sebenarnya ditemukan, kehidupan Kim Dong Gu terlanjur berubah. Orang-orang masih menaruh persepsi buruk padanya. Hingga akhirnya dia mengubah identitas dan menjalani kehidupan barunya sebagai Gong Chan.

Ngomong-ngomong Gong Chan ingat bila Soo Jae adalah pengacaranya dulu, tapi tidak dengan Soo Jae. Sehingga Gong Chan memutuskan untuk merahasiakan identitasnya dari Soo Jae. Kini mereka bertemu sebagai dosen dan mahasiswa.

Gong Chan yang sejak dulu menaruh hati kepada Soo Jae, berusaha menjadi orang pertama untuknya dalam keadaan dan situasi apapun. Gong Chan selalu ada di sisi Soo Jae, hingga pada akhirnya dia luluh dan resmi menjadi sepasang kekasih.

Suatu ketika kasus demi kasus yang ditangani Oh Soo Jae kembali mengarah pada kasus tiga belas tahun lalu. Di sisi lain, Gong Chan pun masih belum menyerah pada pelaku yang membunuh adik tirinya. Gong Chan percaya bila pelaku yang kini ditangkap bukanlah pelaku sebenarnya.

Hingga akhirnya, kisah tiga belas tahun lalu menjadi cerita pelik Soo Jae dan Gong Chan. Pasalnya Soo Jae tahu identitas Gong Chan dan menghindarinya karena malu dengan perbuatannya dimasa lalu. Namun beruntung mereka kembali bersama dan memaafkan satu sama lain. Akhirnya, mereka mencoba memecahkan kasus bersama. Oh Soo Jae dan Gong Chan, memburu pelaku dari kasus tiga belas tahun lalu.

Usut punya usut, pelaku sebenarnya dari kasus tiga belas tahun lalu tak lain adalah pimpinan TK, Choi Tae Guk.

Enggak perlu ditanya alasannya sih, sebab dia dulu sedang ingin membersihkan kelakuan anaknya Choi Ju Wan dan teman-temannya. You know-lah kelakuan remaja anak konglomerat, minum, obat dan wanita.

Choi Tae Guk yang tidak ingin kasus itu diusut, akhirnya membereskan sendiri dengan cara kotor. Sebuah cara diluar nalar akal manusia dan mengkambing hitamkan Dong Gu.

Pada akhirnya, para antek dan oknum yang terlibat dimintai keterangan pun diinvestigasi polisi. Sayangnya, enggak bisa melihat Choi Tae Guk digiring polisi. Sebab dia memutuskan bunuh diri dengan menengguk obat di kantor kebanggaannya, Firma Hukum TK.

Well... begitulah sinopsis Why Her?, sangat dibuat ge-re-ge-tan dan melo dibeberapa scene. Apalagi kisah dan akting para aktor dan aktrisnya sangat bagus.

Pada Why Her? karakter Oh Soo Jae digambarkan seseorang yang kuat, mandiri, dewasa dan keibuan, cukup epik tergambarkan dalam akting Seo Hyun Jin.

Karakternya Soo Jae sungguh dideskripsikan dengan seseorang yang tahan banting. Kendati pernah ingin menyerah pada hidupnya, tapi dia berhasil bertahan. Bagi saya, Soo Jae wanita yang luar biasa. Ada kemungkinan karena pendalaman karakter Soo Jae inilah dramanya berjudul "Why Her?".

Apalagi setelah dia berhasil meruntuhkan kekuasaan pimpinan Choi Tae Guk. Pada saat itu Oh Soo Jae terlihat sangat menikmati hidupnya sebagai dosen dan pengacara di firmanya sendiri.

Ada kalimat soo Jae yang begitu menginspirasi. Dia bilang, " Setiap hari dalam hidupku adalah milikku. Aku bisa mengikuti keinginanku dan membuat keputusanku sendiri. ..."

Dalam kalimatnya tersebut, seolah-olah dia telah lepas dari bebannya di masa lalu tentang keterikatannya dengan Choi Tae Guk dan kesalahpahamannya tentang hidup.

Dari Soo Jae saya belajar, bila kebahagiaan itu hanya bersumber dari diri sendiri. Bukan diciptakan, apalagi diberi orang lain. Sebab hidupmu milikmu dan kebahagiaan hanya bisa diramu oleh dirimu sendiri.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Titik Literasi
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram