fbpx

Pengalaman Mengurus Penggantian Paspor Habis Masa Berlaku

Paspor saya sudah habis masa berlakunya. Saatnya melakukan permohonan penggantian paspor habis masa berlaku nih ke Kantor Imigrasi. Soalnya sepeprtinya Mbak Korona udah mulai bosen midar mider di dunia ini jadi pengennya sih saya mau jalan-jalan lagi. Tapi belum tau nih mau jalan-jalan kemana, secara sekarang harga avtur lagi melonjak dampak dari perang Rusia-Ukrainan dan menyebabkan harga tiket pesawat kembali menggila.

Yowes ora popo, yang penting paspor saya yang udah mejen dari tahun 2021 itu diganti dulu dengan paspor yang baru, begitu ada tiket promo langsung cusss... 😁

Oia, dalam dunia per-paspor-an, nggak ada istilah perpanjang paspor ya, gaes... Istilah yang benar adalah penggantian paspor.

Kenapa? Karena nomor paspor itu selalu berbeda, gaes. Jadi kalau paspor kita udah expired maka kita menggantinya dengan yang baru karena paspor kita yang baru nanti akan mempunyai nomor yang berbeda dengan paspor kita sebelumnya.

Kalau paspor kita habis masa berlaku dan kita tidak ada rencana bepergian ke luar negeri, ya tidak perlu melakukan penggantian. Buat apa punya paspor mahal-mahal tapi nggak dipakai kan. Jadi mending lakukan penggantian paspor habis masa belaku ketika kita hendak bepergian ke luar negeri. Tenang aja, nggak ada dendanya kok. Denda hanya dikenakan jika paspor kita hilang atau rusak.

Baca juga: Ke Tanah Suci, Pilih Sibuk Ibadah Atau Sibuk Belanja?

Saya melakukan permohonan penggantian paspor habis masa berlaku melalui aplikasi M-Paspor. Bagi saya, dengan aplikasi ini tentunya akan jauh lebih mudah daripada walk-in yang harus datang subuh buat ambil nomor antrean.

Caranya gimana?

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
dita
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram