fbpx

Pengalaman Mengurus Perpanjangan Kendaraan 5 Tahunan

22 June, 2022

Punya kendaraan, bayar pajak tanpa bantuan ya dimana lagi kalau bukan di negeri tercinta Indonesia. Ada pajak 1 tahunan juga ada pajak 5 tahunan. Perkara mengurus pajak kendaraan bermotor selama ini kupasrahkan Ayah. Biasalah cewek mana peduli urusan kendaraaan bermotor, bisa tahu jadwal ganti oli aja udah syukur.

Kebetulan bulan 7 ini waktunya perpanjangan, karena ini masih bulan ke enam, masih ada jangka waktu satu bulan lagi. Karena Ayah tipikal nggak suka buru-buru, masih di bulan enam Ayah sudah minta segera perpanjangan. Bagaimana apakah nanti perpajangan di bulan bakal maju? Ternyata tidak, meskipun bulan habis pajak masih bulan 7 nanti, mengurusnya di bulan 6, nanti plat nomornya tetap tertera bukan 7.

Aku tahu tidak selamanya hidup bersama orangtua, suatu saat nanti harus hidup mandiri lepas dari bantuan aba-aba orangtua. Ini nih salah satunya yang memotivasi aku untuk bisa mengurus perpajangan pajak motor 5 tahunan.

Ada yang belum pernah atau nggak tau alur perpanjangan kendaraan 5 tahunan, ah kalian sama kayak aku berarti. Ada yang bilang kalau nggak punya pengalaman mengurus pajak di Samsat bakal dimakan orang. Maksudnya bakal jadi lahapan para calo, orang bingung nggak tau alur pengurusan pajak, ketika datang parkir kendaraan langsung disambut para calo.

\"Mau ngurus apa pak? Mau dibantu? 15 ribu aja?\".  Begitulah kira-kira basa basinya.

Pengen berbagi pengalaman mengurus pajak motor 5 tahunan bersama Ayah.

1. Pastikan kalian datang ke kantor samsat bukan ke polsek apalagi polres hihi. Pastikan juga kalian siap datang pagi buta, jangan kayak diriku baru berangkat jam 8 nyampek sana udah antri bejibun poll.

2. Pastikan surat-surat kendaraan siap, dari STNK, BPKB, KTP pemilik kendaraan.

3. Penting bawa bolpoin, tip-x, uang sejumlah yang dibutukan. Caranya lihat pembayaran di STNK, nah disitu tertera misal 189.000. pastinya pembayaran tidak sama persis, jadi bayarnya nanti dua kali lipatnya.

4. Alur pertama, datangi lokasi fotocopy untuk pembelian map formulir. Kalian bakal diminta bayar 10.000 sebagai ganti mendapat map. Map hijau untuk mobil, map merah muda untuk sepeda motor.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Alfi Manzilatur Rokhmah
Salam dari kota Sidoarjo Jawa Timur. Perempuan yang disebut guru ngaji ini mecoba cari kesibukan dengan blogging, alhamdulillah beberapa postingannya bisa menginspirasi banyak orang
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram