fbpx

Pengalaman Mengurus Visa Studi dan Izin Tinggal Belanda

21 July, 2023
 Setelah kita menerima offer dari universitas, menyelesaikan segala urusan finansial beserta surat keterangannya, dan bayar biaya pengurusan visa, pihak universitas akan mengirimkan email ke kita yang berisi form untuk mengurus MVV atau visa tinggal sementara.
Kalau kamu masih bingung soal pembiayaan studimu di Belanda, ada baiknya untuk baca artikelku yang Perjalanan Beasiswaku #2: Mendaftar Beasiswa & Tips Mengoptimalkan Berkas sebelum melanjutkan membaca.

1. Apa itu MVV?

MVV atau Machtiging Voorlopig Verblijf adalah visa sementara yang diperlukan kalau kita ingin tinggal selama lebih dari 90 hari di Belanda. MVV untuk keperluan studi, diurus oleh kampus. Kalau untuk keluarga/pasangan, yang mengurus adalah pihak yang menjadi sponsor.
Tapi kalau kamu ngga punya sponsor, bisa juga mengurus secara pribadi di kedutaan. Info lebih lanjut bisa dipelajari di website resmi kedutaan Belanda untuk Indonesia ya.

2. Beda MVV dan residence permit

MVV beda sama residence permit ya. MVV adalah stiker yang ditempel di paspor kita. Kalau residence permit atau verblijf nanti bentuknya kartu seperti KTP. Jadi, MVV tidak membuatmu legal hidup di Belanda sampai masa studimu berakhir. MVV hanya sebagai syarat untuk kita bisa mengurus residence permit sesampainya di Belanda.
Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Gandes Nawangsari
Tidak ada informasi member

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram