fbpx

Pengalaman Operasi Impaksi Gigi Geraham Bungsu dengan BPJS

March 14, 2021

Operasi impaksi gigi perlu dilakukan jika gigi geraham bungsu tumbuh tidak semestinya. Tapi banyak orang yang memilih untuk membiarkannya begitu saja, padahal memahami efek yang akan ditimbulkan. Alasan takut sakit hingga biaya menjadikan banyak orang memilih tidak melakukan operasi gigi.

Pertama kali mengetahui jika gigiku tumbuh tidak sempurna adalah tahun 2019. Sebelumnya memang aku sudah mengeluhkan seperti ada gigi yang tumbuh dibelakang dan sering kali tidak nyaman saat mengunyah. Rasanya banyak makanan yang menyangkut di gigi dan susah dibersihkan dengan sikat gigi, jadilah tanganku yang kosong sering membantu membersihkannya.

Tak hanya terganggu saat mengunyah, kadang kala rasanya sakit atau pipi terasa tergigit akibat gigi geraham bungsu. Aku yang sedang diperiksa oleh dokter gigi biasa pun diberi rujukan untuk melakukan operasi ke dokter bedah dan menggunakan BPJS jika keberatan dengan biayanya.

Operasi Impaksi Gigi dengan BPJS

Melakukan operasi gigi bungsu dengan BPJS ternyata tak semudah jika menggunakan biaya sendiri. Walaupun sebenarnya tidak benar-benar gratis karena kita membayarkan iuran setiap bulannya. Kita harus mengikuti prosedur yang dilakukan agar bisa dicover oleh BPJS.

Alur Operasi Gigi Bungsu dengan BPJS

Operasi gigi bungsu dengan BPJS harus melewati beberapa alur. Kita tak bisa begitu saja datang dan melakukan operasi gigi langsung. Harus menunggu dan melakukan beberapa pemeriksaan.

1. Pemeriksaan di Faskes 1

Operasi gigi bungsu dengan BPJS dimulai dengan memeriksakan gigi di faskes pertama. Jika faskes pilihan pertama terdapat dokter gigi, maka kita bisa menceritakan keluhan kita dan dilakukan pemeriksaan pertama agar nantinya diberikan rujukan untuk rontgen gigi. Jika hanya ada dokter umum maka bisa meminta untuk dirujuk ke rumah sakit.

2. Rontgen dan Jadwal Operasi

Rujukan dari faskes pertama hanya berlaku satu hari sesuai permintaan kita jadi harus mempersiapkan waktu luang sebelumnya. Sebaiknya lakukan pendaftaran online ke rumah sakit rujukan agar tak menunggu lama. Pendaftaran online akan memberitahukan waktu kunjungan kita.

Sejujurnya ketika menggunakan BPJS di rumah sakit, kita harus sabar untuk mengantri. Akan membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dari tipe rumah sakitnya. Semakin besar rumah sakit yang dijadikan rujukan maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
ZAKIA WIDAYANTI
Berbagi cerita dan pikiran di https://www.zakiawida.com/
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram