fbpx

Penting Banget! Cara Ampuh Kurangi Reaksi Tidak Diinginkan Ketika Coba Skincare Baru

4 September, 2023

Setiap kali aku membuat reels di Instagram tentang review skincare, sering kali ada pertanyaan yang muncul di kolom komentar, “Apakah aman untuk kulit yang sensitif, Kak?” Pertanyaan ini memang sangat wajar, sebab menggunakan produk skincare memang bertujuan untuk membuat kulit kita lebih cantik dan sehat, bukan malah menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan keamanan produk tersebut. Terlebih lagi, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, sehingga reaksi kulit terhadap skincare bisa beragam. Bisa saja suatu produk bekerja dengan baik pada seseorang yang memberikan ulasan, namun tidak menjamin hasil yang sama terjadi¬† pada orang lain. Karena itu, ada satu cara yang dapat kita lakukan untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan sebelum menggunakan skincare baru, yaitu dengan melakukan Tes Patch.

Apa itu Tes Patch?

Tes Patch adalah metode paling sederhana untuk menguji reaksi kulit terhadap skincare baru. Secara sederhana, dengan melakukan Tes Patch, kamu dapat mengetahui sejauh mana kulitmu cocok dengan produk skincare tersebut. Apakah akan muncul jerawat, iritasi, atau bahkan reaksi alergi.

Bagaimana cara melakukannya?

Melakukan Tes Patch sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Metodenya cukup sederhana, yakni:

  • Pilih area kulit yang akan dijadikan tempat untuk Tes Patch. Disarankan untuk memilih area yang cukup sensitif seperti belakang telinga, pergelangan tangan, leher, atau bagian dalam siku.
  • Oleskan produk pada area yang telah kamu pilih dan biarkan selama minimal 24 jam.
  • Jika muncul kemerahan, rasa gatal, atau panas, sebaiknya kamu tidak melanjutkan penggunaan skincare tersebut. Namun, jika tidak ada reaksi apa pun, kamu bisa melanjutkan untuk menggunakan produk skincare di seluruh wajahmu.
  • Jika sebelum 24 jam kamu sudah merasakan reaksi seperti kemerahan atau gatal-gatal, segera bersihkan area yang diolesi produk skincare hingga bersih.

 

Kapan sebaiknya melakukan Tes Patch?

Melakukan Tes Patch sangat disarankan setiap kali kamu akan mencoba produk skincare baru, terutama jika produk tersebut mengandung bahan-bahan aktif seperti retinol, vitamin C, eksfoliator, salicylic acid, atau bahan aktif lainnya. Kamu bisa mengecek kandungan bahan aktif dengan membaca bagian bahan pada daftar ingredients. Selain itu, Tes Patch juga sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau memiliki riwayat alergi. Namun, jika kamu masih ragu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter spesialis kulit yang biasa kamu kunjungi.

Dengan melakukan tes patch sebelum menggunakan skincare baru, artinya kita telah mengambil langkah bijak dalam merawat kesehatan kulit. Kita perlu ingat bahwa jenis kulit setiap orang adalah unik, dan apa yang cocok untuk satu orang belum tentu cocok juga untuk kita. Sehingga, memberikan waktu bagi kulit agar beradaptasi dengan produk skincare baru, kamu dapat mencegah potensi adanya reaksi yang tidak diinginkan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit apabila terjadi kekhawatiran atas masalah kulit yang kamu alami. Terima kasih telah membaca dan semoga informasi tentang tes patch yang aku bagikan, dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Nurul Uga
Tidak ada informasi member

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram