Penumbuh Rambut dari Sampo/Tonic

February 22, 2021

Banyak orang yang rambutnya rontok mengeluh. Sudah pakai sampo untuk rambut rontok, tetap saja rambutnya masih saja berguguran. Samponya sudah memakai lidah buaya, sudah mengandung kemiri, sampai baunya tidak karu-karuan, tapi tetap saja rontok.

Padahal sebetulnya, ada konsep yang salah kaprah dalam urusan meladeni rambut rontok ini. Kebanyakan orang menyangka rambut rontok karena salah sampo, padahal belum tentu juga begitu.

Sampo hanya bersifat sebagai pembersih. Sampo mungkin saja diklaim oleh merk-nya mengandung zat-zat yang dapat mengurangi rambut rontok, macam lidah buaya, kemiri, minyak zaitun, dan entah apa lagi. Tetapi, tetap saja zat ini hanya berupa zat tambahan dalam sampo yang akan hilang ketika sampo ini dibilas dari rambut. Karena, isi utama dari sampo adalah deterjen, bukan zat yang dapat mencegah rambut rontok.

Bahkan, sampo sendiri kadang-kadang dapat memperberat rontoknya rambut. Penyebabnya, sampo ini mengandung zat seperti sodium lauryl sulfat yang memang akan memperlemah akar rambut jika tidak dibilas dengan bersih. Apabila akar rambut lemah, maka rambut akan mudah rontok. Sedangkan mencari sampo yang bebas dari sodium lauryl sulfat itu tidak mudah juga, karena hampir semua sampo di pasaran memang mengandung zat tersebut, bahkan termasuk sampo yang diklaim bisa mengurangi kerontokan rambut. Sampo yang organik tidak mengandung zat tersebut, namun seringkali harganya lebih mahal, dan baunya kadangkala sulit ditoleransi.

Sebenarnya, jalan yang lebih baik adalah mengaplikasikan produk tambahan berupa hair tonic. Dan terakhir, kita perlu selektif dalam memilih hair tonic itu sendiri. Hair tonic bisa berisi zat obat, bisa juga berisi herbal, tapi tetap sama-sama untuk rambut rontok.

Hair tonic sendiri tidak bisa diandalkan hanya dengan meneteskannya saja. Memasang hair tonic perlu sambil dipijat-pijat, mungkin antara 11-20 menit. Memang rasanya lama, tapi durasi itu yang bisa kita harapkan untuk merangsang supaya isi hair tonic mengalirkan gizi menuju akar rambut.

Saya telah menggunakan salah satu hair tonic yang berisi penumbuh alami untuk menumbuhkan rambut rontok. Hair tonic yang manakah itu? Lihat yuk di artikel penumbuh rambut ini 🥰

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Vicky Laurentina
Vicky Laurentina adalah food blogger Surabaya yang sangat suka jalan-jalan dan juga kebetulan seorang dokter. Tulisan Vicky bisa dibaca di https://vickyfahmi.com.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram