fbpx

Pembelajaran di rumah ternyata kerap membuat anak lebih cepat bosan. Ini karena mereka bermain dan belajar pada ruang yang sama setiap hari. Salah satu hal yang harus kamu lakukan sebagai orang tua tentu membantu mengurangi tingkat kebosanan anak. Bagaimana caranya? Terangnya, bukan dengan memberikan gadget. Tapi memberikan buku bacaan anak.

 

Membaca memang bukan hal menarik bagi anak. Tetapi ini cukup efektif ketika anak sedang belajar di rumah saja dan bermain sendirian tanpa teman-temannya. Kualitas waktu yang digunakan anak untuk membaca buku cerita, tentu lebih baik dalam menunjang perkembangan serta pertumbuhan otak anak.

 

Oleh sebab itu, kamu perlu mencoba memberikan buku bacaan sejak dini kepada anak-anak. Selain untuk perkembangan otaknya, buku bacaan anak juga merupakan ruang perkenalan dunia literasi yang tepat. Kali ini ada rekomendasi buku-buku yang bisa dibaca oleh anak dan (semoga) bisa mengurangi ketergantungan anak pada gadget atau handphone.

 

Pertama, buku Little Prince adalah salah satu rekomendasi untuk menjadi bacaan anak. Buku ini menceritakan tentang anak laki-laki yang misterus dan mengaku tinggal sendirian di planet. Inti cerita dalam buku ini mendorong anak untuk mandiri dan berani mencari teman. Jadi buku ini lebih mengarah pada pembentukan karakter anak ke depannya.

 

Kedua, buku The Giving Tree juga rekomendasi bagus untuk menemani anak selama masa pandemi. Buku ini memiliki pesan moral bahwa meminta dan memberi secara berlebihan tidak akan baik. Anak diajarkan untuk tidak meminta secara berlebihan dan memberikan sesuatu secara berlebihan pula. Nah, jadi meskipun anak sedang di rumah saja, asupan moralnya tetap harus lancar, ‘kan?

 

Ketiga, buku The Suitcase Kids adalah salah satu rekomendasi terbaik. Ini adalah sebuah karya dari Jacqueline Wilson. Sebenarnya buku ini menceritakan tentang seorang anak yang hidup dengan satu orang tua (single parent). Namun, pesan moral yang disiratkan sangat dalam, yaitu mengenai seorang anak yang harus tetap semangat menatap ke depan dan kuat melawan kerasnya kehidupan.

 

Keempat,  buku The Golden Compass karya Phillip Pullman juga salah satu referensi buku keren yang bisa kamu siapkan untuk anak. Buku ini menyimpan pesan moral tentang persahabatan, cinta, dan keberanian. Ini sangat pas untuk memberikan imajinasi atau konstruksi pemikiran yang baik bagi anak.

 

Kelima, buku Mata di Tanah Melus karya Okky Madasari juga recomended ya. Buku ini berisi tentang kisah seorang anak yang menjelajahi dunia luar sendirian. Latar belakang penulis buku ini yang notabene seorang pegiat isu-isu sosial memercayai bahwa melalui cerita, pembentukan karakter pada anak lebih mudah dilakukan.

 

Keren sekali, ‘kan? Tentu akan lebih keren ketika anak-anak di rumah juga membaca buku-buku cerita tersebut untuk mengisi waktu luang mereka. Pun lebih bermanfaat daripada sekadar bermain gadget. []

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rizka Hidayatul Umami
morfobiru.com adalah blog yang saya rintis sejak beberapa tahun lalu. Berisi beberapa catatan harian, ulasan dan sastra. Saya menyenangi dunia tulis menulis dan isu-isu perempuan, tapi lebih sering saya ungkapkan lewat cerita pendek dan puisi.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram