fbpx

Review Buku Gadis Kretek Karya Ratih Kumala

4 April, 2022

Dari berbagai novel yang saya baca, Gadis Kretek masuk dalam deretan buku yang membuat saya ingin terus-menerus segera menyelesaikannya. Pemilihan kata, sejarah perkembangan rokok yang menjadi latar ketika Indonesia sedang memperjuangkan kemerdekaan serta dinamikanya memberikan cerita yang menarik. Separuh dari buku ini berlatar di Indonesia kontemporer, sementara separuh lainnya membawa pembaca melewati masa kolonial, pendudukan Jepang dan pembantaian anti-komunis 1965. Ratih Kumala mengatakan bahwa buku ini terinspirasi dari sejarah keluarga Jawanya. Saat membaca buku ini, saya dapat dengan mudah membayangkan kisah seperti itu terjadi dalam kehidupan nyata.

Tapi membacanya benar-benar membuat saya marah. Mengkhianati cinta dan kepercayaan dari seseorang yang telah sangat baik padamu dan telah disiksa karenamu adalah benar-benar pengecut dan kejam. Ini adalah hal yang paling kejam yang pernah ada. Nah, pesan moralnya jangan pernah jatuh cinta dan percayakan pada siapapun dengan sesuatu yang berharga dalam hidupmu.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Jeni Karay
Traveler, Lecturer, Podcaster, Blogger, Drone enthusiast. Jayapura - Papua Based.
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram