fbpx

Review Drama Korea Big Mouth 2022

19 September, 2022

Big Mouth–drama Korea yang diperankan oleh Lee Jong Suk dengan Im Yoona (Girls Generation) akhirnya telah saya tonton, yeay! Serial televisi ini adalah drakor serial yang paling saya tunggu-tunggu sejak satu tahun yang lalu dan penantian saya terbayarkan oleh kisah dan talenta para pemerannya yang begitu mengagumkan.

You know-lah, siapa sih yang enggak tahu Lee Jong Suk dan Im Yoona?

Eh, bukan karena ketenaran mereka ya? Melainkan kedua orang tersebut memang mempunyai skill yang mumpuni. Lihatlah, menurut saya keduanya berhasil membawakan kisah Big Mouth.

Selain itu, sungguh diluar ekspektasi saya enggak menyangka Im Yoona benar-benar mendalami perannya sebagai Ko Mi Ho istri Park Chang Ho. Emm, bagaimana jadi penasaran enggak kisah dari Big Mouth ini?

Big Mouth atau dikenal juga dengan Big Mouse merupakan drama Korea bergenre hukum, kriminal yang telah tayang sejak 29 Juli 2022. Drama yang ditulis oleh Kim Ha Ram dan disutradarai oleh Oh Chung Hwan juga Bae Hyun Jin ini berjumlah enam belas episode. Big Mouth baru saja berakhir loh! Kendati sudah berakhir, Teteman bisa menontonnya di Disney+.

Memangnya Big Mouth bercerita tentang apa sih?

Sinopsis atau kisah singkat dari Big Mouth sendiri ialah terjebaknya seorang pengacara dalam kasus konspirasi besar. Dia harus menggali konspirasi keluarga kelas atas untuk bertahan hidup dan melindungi keluarganya serta hidup sebagai Big Mouse.

Ada kalanya Teteman akan beranggapan, dia kan pengacara pasti bisa dong menggali konspirasi besar tersebut?

Namun sayangnya seorang pengacara tersebut kurang mumpuni dengan profesinya. Sebelum terjebak dalam kasus ini saja, dia kalah dalam persidangan kliennya. Jadi ada sedikit kesempatan dia dapat memecahkan kasus tersebut.

Seorang pengacara dengan kinerja buruk itu bernama Park Chang Ho (diperankan oleh Lee Jong Suk) yang seketika menjadi buah bibir karena disinyalir sebagai Big Mouse.

Pada awalnya dia ditangkap karena diduga sebagai pengguna obat-obatan terlarang dan menimbulkan kecelakaan. Namun tak lama di penjara, dia ditunjuk Big Mouse untuk menjalankan misinya yakni menegakkan keadilan karena hukum tumpul ke bawah.

Fyi, Big Mouse adalah sebutan untuk seorang penipu kelas atas yang telah melakukan banyak kejahatan, seperti penipuan dll. Namun sebenarnya tujuan Big Mouse melakukan hal tersebut untuk menegakkan keadilan di Gucheon dan memecahkan suatu kasus konspirasi besar. Sebab hukum diwilayah tersebut hanya tunduk pada golongan kelas atas saja.

Nah, Big Mouse ini merupakan nama ketua dari organisasi pencari keadilan tersebut. Identitas Big Mouse sendiri sangat misterius, apalagi para anggotanya sangat pandai berkamuflase dan berbaur dengan masyarakat.

Misi demi misi yang diperintahkan oleh Big Mouse berhasil Chang Ho pecahkan. Dia dibantu istrinya, ayah mertua juga pengacaranya.

Fyi, sang istri bernama Ko Mi Ho. Dia seorang perawat dan memutuskan pindah ke rumah sakit Gucheon untuk melakukan investigasi. Sebab dia  begitu percaya bila sang suami bukanlah Big Mouse. Sehingga dia pun mencari cara untuk membersihkan nama suaminya. Dia juga ikut melakukan penyelidikan walaupun sangat berbahaya.

Hingga pada akhirnya Chang Ho ingin menangkap sendiri Big Mouse dan memberikan hukuman yang setimpal. Sebab dia merasa tidak adil karena perlu menanggung beban yang begitu besar dan rumit.

Suatu ketika Chang Ho berhasil bertemu dengan Big Mouse yang ternyata adalah rekan satu selnya. Dia tidak menyangka dan marah. Akan tetapi, ketika dia mengetahui alasan terbentuknya organisasi besar tersebut, bukannya berhenti Chang Ho melanjutkan misinya untuk membongkar konspirasi besar dan alasan Big Mouse telah bertindak sejauh ini.

Akan tetapi tak lama identitas Big Mouse terbongkar, dia tewas dibunuh. Namun sebelumnya Big Mouse pun sempat berpesan kepada seluruh anggotanya, bila Chang Ho yang akan meneruskan misinya. Dengan kata lain, Park Chang Ho menjadi Big Mouse selanjutnya.

Fyi, Big Mouse hanya seorang ayah yang ingin memberikan sebuah keadilan kepada putrinya yang tewas. Dia seorang wartawan dan menghilang karena ingin mengekspos makalah seorang dokter yang berkaitan dengan kegiatan ilegal yang dilakukan oleh rumah sakit ternama di Gucheon.

Btw, Gucheon adalah wilayah yang dikuasai oleh Presdir Kang. Presdir Kang mengembangkan banyak perusahaan salah satunya rumah sakit dan perusahaan kimia (NK Chemical).

Saat itu NK Chemical mengembangkan NF9 dengan efek yang berbahaya. Sebab proses pemurnian NF9 menghasilkan air limbah dan radiasi dengan dosis besar. Nahasnya selama 30 tahun mereka membuang limbah secara ilegal ke peternakaan ikan. Peternakan ikan dibuat sebagai kedok untuk membuang banyak air limbah ke laut yang menyebabkan meningkatnya masyarakat meninggal atau menderita kanker.

Sebenarnya pada masa lalu, rekan Presdir Kang sudah mengingatkan jika NF9 mempunyai efek yang sangat berbahaya. Namun Presdir Kang yang terlanjur gila kekuasaan dia malah membunuh dokter dan keluarganya.

Akan tetapi kini Presdir Kang tidak ada lagi. NK Chemical telah diwariskan kepada Wali Kota Gucheon Choi Do Ha (yang diperankan oleh Kim Joo Hun). Selama Presdir Kang masih hidup, Do Ha salah satu orang yang menginginkan warisan dari Presdir Kang. Jadi jangan tanya, apakah sebagian besar kekayaan dengan suka rela diberikan kepada Do Ha?

Tentu saja tidak. Sebab Choi Do Ha–lah dalang atas kematian Presdir Kang. Dia bahkan mengganti nama ahli waris. Alasannya, karena Presdir Kang tahu bila Choi Do Ha selama ini menyembunyikan identitasnya. Choi Do Ha a.k.a Cho Sung Hyun merupakan cucu rekan Presdir Kang yang tewas dahulu.

Jadi intinya itu, Choi Do Ha ingin berbalas dendam kepada Presdir Kang dan mengambil semua harta dan kekuasaannya. Sebab tanpa dinyana, dia pun tutup mulut pada kasus NF9, bahkan nih dulu Do Ha yang membereskan masalah yang berkaitan dengan kegiatan ilegal tersebut.

Selain licik kepada Presdir Kang, kenyataannya Choi Do Ha telah menipu Park Chang Ho. Dialah yang memberikan obat-obatan kepada Chang Ho hingga masuk penjara. Pada awalnya dia meminta Chang Ho untuk menjadi pengacara boneka. Ketika Do Ha telah mendapatkan apa yang dimau, lalu membuang Chang Ho ke penjara.

Kemudian dia juga yang menghalagi Mi Ho dalam menyelidiki kasus NF9. Dia pun yang telah membunuh Big Mouse sebelumnya dan mencuri emas dari rekannya untuk mengumpulkan kekuasaan dan pengakuan dari Presdir Kang. Gila kan orang satu ini?

Hingga pada akhirnya pun, titik terang dari benang merah kisah ini adalah pertarungan Big Mouse (Park Chang Ho) dengan si licik Choi Do Ha.

Lalu apa hubungan makalah seorang dokter dengan tewasnya putri Big Mouse sebelumnya?

Ini sebatas perspektif saya sih, saya kira dokter Seo Jaeyoung atau profesor Seo Jaeyoung merupakan orang yang jujur dan bersih. Dia melakukan penelitian dan menyusun makalah tentang NF9 di rumah sakit Gucheon. Sehingga petinggi yang tidak ingin hal tersebut terpublikasikan memutuskan untuk mengakhiri hidup dokter Seo Jaeyoung.

Pengembangan NF9 memang dilakukan di perusahan kimia NK Chemikal, akan tetapi oknum-oknum tersebut melakukan penelitian (malpraktek) terhadap para korban radiasi. Sebab setiap tahun jumlah penderita kanker di rumah sakit terus meningkat.

Ko Mi Ho yang menyadari adanya ketidakberesan pada rumah sakit, melakukan infestigasi diam-diam. Dia bahkan mulai menyusun benang merah atas kasus yang diberikan oleh Big Mouse. Sampai dia tidak menyadari, bila dirinya pun terpapar radiasi dari pipa yang meledak di pembuangan bawah tanah ketika mencari barang bukti.

Lalu bagaimanakah alur kisah selanjutnya?

Park Chang Ho dan Cho Do Ha saling serang dan mempertajam taring masing-masing. Kendati Park Chang Ho dkk berhasil menguak kasus NF9 ke publik, tapi hukum tidak berpihak kepada mereka.

Alhasil, sebagai Big Mouse Park Chang Ho melawan Do Ha dengan cara paling keji. Dia mengganti air kolam yang biasa dipakai Do Ha berenang dengan air yang telah terkontaminasi radiasi NF9. Enggak beberapa lama, Do Ha tewas di kolam renang.

Di sisi lain, Park Chang Ho harus mengikhlaskan sang istri. Ko Mi Ho meninggal dengan tenang setelah dokter mendiaknosisnya menderita Limfoma stadium 4 akut.

Kemudian yang saya kira Park Chang Ho akan berhenti menjadi Big Mouse setelah semua usai, ternyata diluar dugaan. Sepertinya Chang Ho mengikuti permintaan istrinya untuk menjadi Big Mouse yang baik. Menjadi Big Mouse yang memihak pada yang lemah dan menghukum bedebah yang egois. Sebab pada ending, Park Chang Ho menjadi pengacara para korban dan menyumbangkan beberapa harta ke panti asuhan.

Lantas akankah dia terus menjadi Big Mouse di masa yang akan datang?

Drakor Big Mouth dipandang dari sisi hubungan Park Chang Ho dan Ko Mi Ho memang bukan dibumbui dengan percakapan dan adegan romantis seperti pada drakor-drakor lainnya. saya kira malah terlampau tragis.

Namun dari sepasang suami istri ini, secara tersirat saya dapat membaca bahasa cinta dan kasih sayang. Apalagi menjelang meninggalnya Ko Mi Ho dan tahu awal pertama mereka bertemu hingga menikah.

Dari pasangan Park Chang Ho dan Ko Mi Ho saya belajar, bila cinta itu mengenai kelembutan. Kendati hal paling menyakitkan adalah mengiklaskan orang yang dicintai.

Baca Selengkapnya

5 2 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Titik Literasi
Tidak ada informasi member
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram