fbpx

[REVIEW] Rencana Besar untuk Mati dengan Tenang : Upaya Berdamai dengan Luka dan Trauma

29 January, 2023
Kematian.
Mungkin adalah salah satu topik pembicaraan yang paling dihindari. Membicarakan kematian sama dengan membicarakan kesedihan. Kesedihan tentang perpisahan dan kehilangan selamanya.
Tapi apa yang terjadi jika kematian adalah sebuah keinginan yang ingin segera diwujudkan? Terutama kematian yang tenang tanpa terbebani masalah-masalah pelik dalam kehidupan.
Dalam buku “Rencana Besar untuk Mati dengan Tenang” ini kematian merupakan sesuatu yang sangat diinginkan oleh sang tokoh utama. Ncek (panggilan aku si tokoh utama) begitu ingin untuk bisa mati dengan tenang. Sengkarut perjalanan hidupnya sejak kecil hingga tua membuat sosok Ncek jengah dengan segala kondisi yang ada di sekitarnya. Sehingga dia ingin segera mengakhiri problematika kehidupannya itu dengan mati dengan tenang.
Tapi ternyata mati dengan tenang tidak semudah yang dibayangkan dan diinginkan. Ncek masih memiliki permasalahan yang harus diselesaikannya. Masalah dengan keluarga (anak-anaknya) juga dengan dirinya sendiri yang nyatanya selama hidup tidak pernah dengan secara sadar diselesaikannya dengan baik. Yang kemudian diketahui secara tersirat bahwa permasalahan itu adalah manifestasi luka batin (trauma) dalam diri Ncek yang tak pernah disembuhkan. Luka itu begitu dalam menyakiti psikilogis Ncek sebagai seorang laki-laki, suami, dan juga ayah.
Lantas apakah yang terjadi dengan Ncek di kehidupan masa lalunya hingga membentuk sosok Ncek saat ini yang penuh kekecewaan, amarah, dan juga trust issue (masalah kepercayaan)?
Apakah Ncek akan berhasil menyelesaikan permasalahannya dan mewujudkan keinginan mati dengan tenangnya? Ataukah justru buku ini memberikan alternatif lain yang bisa membuat pembaca memiliki persepsi/interpretasi lain terhadap Ncek dan seluruh kisah perjalanan hidupnya?
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Fitrotul Aini
Saya Fitrotul Aini atau lebih akrab dipanggil Fitri. Blog saya adalah blog personal yang berisi berbagai hal yang ingin saya ceritakan. Bisa cerita atau curhatan hati hingga review makanan, film, drama, lagu, buku, dan hal-hal yang menurut saya menarik untuk diceritakan

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram