fbpx

Saatnya Jadi Wirausaha Melek Keuangan Dengan Tunaiku

Menjadi pebisnis atau wirausaha merupakan salah satu impian saya saat masih kuliah agar bisa mandiri di masa tua dan membuka lapangan pekerjaan di masyarakat. Namun dahulu memulai usaha tidak semudah sekarang karena akses internet terbatas dan belum banyak pelatihan bagi mahasiswa atau ibu rumah tangga.

Dengan modal nekat saya berjualan madu Bina Apiari karena mudah, cepat dan manfaatnya bisa saya rasakan. Waktu memulai jualan saya memanfaatkan media sosial facebook untuk menawarkan dan forum kaskus untuk menjualnya. Sedikit demi sedikit saya mendapatkan tambahan penghasilan untuk biaya operasional sehari-hari.

Sekarang untuk memulai usaha sudah jauh lebih mudah karena banyak marketplace gratis untuk memasarkan produk, pelatihan wirausaha dan bantuan modal dari perbankan dengan bunga ringan serta tanpa jaminan sehingga banyak bermunculan pengusaha baru yang sukses.

Namun tidak semua pelaku usaha mengerti bagaimana mengelola keuangan yang baik termasuk saya. Waktu awal berjualan saya sering rugi alias nombok karena harga jual yang murah, biaya operasional lebih mahal dan tidak memisahkan keuangan pribadi dengan usaha. Untuk itu saya mulai belajar pelan-pelan bagaimana mengelola keuangan supaya bisa mendapatkan keuntungan dan berkembang lebih pesat lagi.

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
nur annisa hamid
lifestyle blogger that loves traveling, watch movie, culinary, beauty, technology.
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram