Sebelum Kamu Menguasai Bahasa Asing, Kuasai Dulu Bahasa Ibu

 

Bahasa bagi seseorang sangat penting ya. Dengan bahasa kita bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dengan bahasa kita bisa memahami arah pembicaraan seseorang.

Cobalah ingat betapa pentingnya bahasa bagi kita. Bayangkan jika tidak ada penerjemah untuk film Korea, yang bahasanya jauh dari bahasa ibu. Kita tidak akan tertawa, menangis, marah saat menonton film itu kan?

Dengan adanya alih bahasa, dengan mudah kita memahami apa yang disampaikan oleh pemain film atau cerita. Dengan alih bahasa itu kita bisa tahu bahwa kita memang sangat membutuhkan bahasa.

Ada bahasa yang ingin saya kuasai ya. Pertama, bahasa Arab, sebagai muslim, tentu ingin sekali memahami bahasa yang gunakan dalam penulisan al quran. Ya, bahasa ini dari dulu ingin sekali saya kuasai karena faktanya bahasa Arab digunakan di seluruh dunia.

Kedua, bahasa Inggris. Bahasa Inggris adalah bahasa kedua yang ingin saya kuasai. Bahasa Inggris adalah bahasa yang harus dikuasai karena digunakan sebagai bahasa dunia.

Ketiga, bahasa Korea. Dari dulu saya suka tulisan/ huruf Korea ya. Tulisannya unik dan bahasanya seperti bahasa sangat asing bagi saya 😂

Terakhir, ini nih bahasa yang paling dan paling atau terpaling ingin saya kuasai saat ini. Bahasa apakah itu? Ada yang tahu? Ya, bahasa Jawa. Weh, kok bahasa Jawa sih? Itu karena suami saya orang Jawa dan lingkungan di sekitar saya adalah orang Jawa. Saya sering melonggo saat mereka berbicara bahasa Jawa.

Parahnya, jika mereka mengejek saya, saya tidak akan mengerti karena tidak tahu bahasanya. Untuk berwanti-wanti, saya sekarang sudah tahu sedikit arti dari kata-kata Jawa. Misalnya, 'ora, suwun, bojo, iku, dan lain-lain.

Begitulah pentingnya bahasa. Jangan sampai kita menguasai bahasa asing, tetapi bahasa ibu sendiri tidak kita mengerti. Ah, pokoknya bahasa Indonesia jangan ditinggalkan ya. 🤗

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Meliana Aryuni
Mari kita menulis! Tuangkan imajinasimu dalam tulisanmu. Berkunjunglah di https://melianaaryuni.wordpress.com
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram