fbpx

Sunscreen yang Aman untuk Ibu Hamil dari Lokal & Korea

9 November, 2022

Merawat kulit merupakan harus dilakukan setiap harinya, tak terkecuali untuk Ibu hamil. Walau dalam kondisi hamil, perawatan kulit tetap harus dilakukan.

Sebab, perubahan kondisi kulit umum terjadi dikarenakan pengaruh hormonal selama hamil.

Oleh karena itu, Ibu hamil pun tetap disarankan untuk melakukan perawatan kulit dengan memperhatikan produk skincare yang digunakan.

Ibu hamil dianjurkan untuk tidak memakai kandungan skincare tertentu yang berpotensi mengganggu kehamilan atau perkembangan janin dalam rahim.

Salah satu produk perawatan kulit (skincare) yang rutin digunakan setiap hari adalah sunscreen.

Produk yang berfungsi melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari ini memiliki zat aktif yang dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu chemical sunscreen, physical sunscreen, dan hybrid sunscreen.

Apa perbedaan Chemical Sunscreen, Physical Sunscreen, dan Hybrid Sunscreen?

Chemical sunscreen menggunakan zat aktif anti UV kimiawi yang bekerja dengan menyerap panas dari sinar UV yang masuk, lalu dikeluarkan kembali dari kulit.

Kandungan yang umum dikategorikan sebagai chemical sunscreen adalah ethylhexyl methoxycinnamate, butyl methoxycinnamate, homosalate, avobenzone, serta oxybenzone.

Physical sunscreen menggunakan zat aktif anti UV fisikal yang bekerja dengan memantulkan kembali sinar UV yang masuk ke dalam kulit.

Kandungan yang umum dikategorikan sebagai physical sunscreen adalah Zinc Oxide dan Titanium Dioxide.

Terakhir, Hybrid sunscreen merupakan jenis sunscreen yang menggabungkan chemical sunscreen dan physical sunscreen menjadi satu.

Sehingga kinerjanya pun merupakan kombinasi dari kedua bahan aktif tersebut, yaitu chemical dan physical.

Mengapa ibu hamil perlu selektif dalam memilih Sunscreen?

Berdasarkan saran dari pakar kesehatan mengenai pemakaian sunscreen, ibu hamil dianjurkan untuk menggunakan jenis physical sunscreen karena memiliki zat aktif berbahan dasar mineral seperti Zinc Oxide danTitanium Dioxide yang merupakan anti UV dengan broad spectrum terluas, mencakup anti UV A dan UV B.

Sunscreen yang aman untuk ibu hamil berbahan dasar mineral diklaim efektif dan teruji aman untuk digunakan oleh ibu hamil hingga anak-anak.

Sebab karakternya yang membentuk lapisan di atas permukaan kulit, bukan meresap ke dalam kulit sehingga memiliki risiko iritasi yang lebih rendah dan tidak memengaruhi perkembangan janin.

Untungnya, saat ini bukan hal yang sulit untuk mendapatkan physical sunscreen. Sebab kini para produsen/brand skincare mulai berlomba-lomba memformulasikan produk sunscreen terbaiknya.

Tidak hanya berasal dari luar negeri, kini brand lokal Indonesia pun sudah banyak memiliki produk sunscreen yang telah diakui kualitas dan efektifitasnya dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Di sini aku akan memberikan beberapa referensi physical sunscreen yang aman untuk ibu hamil.

Physical sunscreen yang aku share di bawah ini berasal dari brand lokal hingga brand luar negeri yang sebagian besarnya aku kutip dari https://bereal.id/  yang merupakan website yang membahas rekomendasi produk kecantikan Indonesia.

Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen Gel SPF 50 PA lokal

Berasal dari brand kosmetik lokal, Dear Me Beauty memiliki sunscreen dengan jenis physical, yaitu Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen SPF 50+ PA++++ yang hadir dengan kemasan botol plastik berwarna merah dengan tutup ulir beisi 35 ml.

Sunscreen dengan broad spectrum SPF 50+ PA++++ ini bantu melindungi kulit dari sinar UV A & UV B, Blue Light, polusi, serta radikal bebas.

Diperkaya denganSodium Hyaluronate, allantoin dan ceramide yang bantu memberikan kelembapan dan mempertahankan skin barrier.

Sunscreen ini memiliki tekstur gel cream sehingga ringan di kulit dan mudah untuk dibaurkan.

Finish-nya yang velvety matte dan minimal white cast menjadikannya nyaman digunakan sepanjang hari tanpa takut membuat kulit menjadi kusam dan berminyak.

Selain aman untuk ibu hamil, Dear Me Beauty Skin Barrier Sunscreen ini juga aman untuk digunakan oleh anak-anak mulai dari usia 5 tahun.

Sunscreen Dear Me Beauty ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup affordable, yaitu IDR 99.000 per botolnya.

Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone Up Sun Cream SPF 50+ PA++++

Some By Mi Truecica Mineral Calming Tone Up Sun Cream SPF 50 PA lokal

Bagi Ibu hamil yang sedang mengalami permasalahan kulit kering, berjerawat, dan sensitif, bisa menjatuhkan pilihan sunscreen pada Some By Mi Truecica Mineral Sun Cream SPF 50+ PA++++.

Produk sunscreen dari Korea ini mengklaim memiliki formula bebas dari 20 bahan berbahaya seperti paraben, alkohol dan parfum dengan star ingredients niacinamide, centella asiatica, tea tree, dan panthenol yang ramah untuk semua jenis kulit terutama kulit berjerawat dan sensitif.

Physical sunscreen Some By Mi ini menggunakan bahan aktif mineral Zinc Oxide dan Titanium Dioxide sebagai anti UV A & UV B. Dikemas dalam tube khas Some By Mi, sunscreen ini dibanderol IDR 180.000 per-tube berisi 50 ml.

Joylab Brighter Sun Day SPF 50 PA++++

Joylab Brighter Sun Day SPF 50 PA lokal

Joylab Brighter Sun Day SPF 50 PA++++ merupakan physical sunscreen brand lokal dengan broad spectrum SPF 50 yang bantu lindungi kulit dari efek buruk sinar matahari UV A dan UV B yang hadir dalam kemasan tube dengan perpaduan warna putih dan kuning yang terlihat menggemaskan.

Sunscreen Joylab ini mengandung zat aktif anti UV berbahan mineral yaitu Titanium Dioxide dan Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethylbutylphenol dengan tekstur lotion yang ringan menjadikannya mudah diserap oleh kulit.

Dilengkapi dengan Niacinamide, Argan oil dan camelia oil untuk bantu memberikan kelembapan serta menenangkan kulit.

Joylab sendiri mengklaim bahwa sunscreen-nya ini aman digunakan oleh ibu hamil(pregnancy safe), sehingga para ibu hamil tidak perlu khawatir selama menggunakannya.

Harga dari Joylab Brighter Sun Day SPF 50 PA++++ ini cukup affordable, berkisar IDR160.000 per-tube berisi 50 ml.

Bellflower Carrot Mild Sunscreen SPF 50+ PA+++

Bellflower Carrot Mild Sunscreen SPF 50 PA lokal

Brand Bellflower mungkin masih asing didengar. FYI, brand yang berasal dari Korea Selatan ini memiliki rangkaian produk sunscreen.

Salah satu rangkaian sunscreen-nya merupakan jenis physical sunscreen yang aman untuk ibu hamil, yaitu Bellflower Carrot Mild Sun Cream SPF 50+ PA++++ dengan zat aktif anti UV berbahan dasar mineral yaitu Zinc Oxide.

Selain berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV, Bellflower sunscreen ini juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit serta mencegah timbulnya tanda penuaan seperti flek hitam, kerutan, serta Garis halus.

Bellflower sunscreen ini memiliki formula yang lembut yang diperkaya dengan niacinamide, ekstrak centella asiatica, wortel, dan tomat yang bermanfaat untuk melembapkan dan melembutkan kulit.

Walau teksturnya berkonsitensi cream, bellflower ini tetap nyaman digunakan karena cepat meresap dan tidak lengket sebab menghasilkan finish yangsemi-matte, sehingga Bellflower Carrot Mild.

Sunscreen ini tidak akan membuat wajah menjadi gampang berminyak atau kusam.

Bellflower Carrot Mild Sunscreen ini bisa didapatkan dengan harga IDR 210.000 per-tube berisi 50 ml.

Itulah beberapa referensi sunscreen yang aman digunakan oleh ibu hamil.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penggunaan produk skincare bagi ibu hamil, sebaiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan seperti bidan atau dokter untuk memastikan kembali keamanannya.

Sekian informasi yang dapat aku sampaikan hari ini soal sunscreen yang aman untuk ibu hamil, see you on another post!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Suci Rahayu
Beauty enthusiast
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram