Tips Merawat Rambut Berhijab

Nggak kerasa saya sudah 15 tahun menggunakan hijab. Dan selama itu pula saya memiliki satu permasalahan rambut yang nggak kunjung selesai: rontok. Huhu.. sedih banget kalau lihat rambut yang selalu berguguran tiap hari. Keramas rontok, sisiran rontok, ngiket rambut rontok, bangun tidur pun rontok!

Tapi sudah satu bulan ini saya melakukan kegiatan rutin yang Alhamdulillah, mengurangi frekuensi rambut rontok. Maka dari itu, sekarang saya mau share untuk tips merawat rambut berhijab.

Tapi sebelumnya, kita harus tahu dulu nih kenapa sih rambut berhijab butuh perawatan khusus?

Well, it’s obvious karena rambut kita (para hijabers) lebih sering tertutup kain daripada dibiarkan terbuka. Belum lagi tekanan yang diterima rambut kalau kita sedang pakai inner atau ciput. Ditambah aktivitas yang kita lakukan tiap hari selama berhijab yang membuat keringat menempel di kulit kepala.

Nah, permasalahan rambut tiap orang berhijab itu berbeda-beda, lho. Karena saya kenal beberapa teman yang berhijab tapi rambutnya nggak rontok parah. Tapi karena saya punya masalah rambut rontok, jadi kita fokus merawat rambut berhijab di rambut rontok berdasarkan pengalaman pribadiku yaa.

Baca Juga: Glowing Pakai Masker Kefir Etawa

Penyebab Rambut Rontok

1. Intensitas Bernafas Rambut Kurang

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, rambut tertutup cenderung akan lebih lepek dan berminyak karena adanya faktor keringat, inner kerudung yang terlalu ketat, dan pemilihan kain hijab yang salah.

Maka dari itu, jika sedang melepas hijab atau sudah selesai beraktivitas, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan membiarkan rambut bernafas. Bisa dengan tidak mengikatnya terlalu kencang, atau diangin-anginkan dulu supaya keringat yang ada di kulit kepala menghilang.

2. Lembab dan Basah

Kebiasaan langsung menyisir rambut dan menggunakan hijab saat rambut masih basah juga berpengaruh lho terhadap kekuatan akar rambut.

Apalagi jika selesai keramas langsung berhijab, rasanya kepala pusing dan berat. Karena itu sebisa mungkin keringkan dulu rambut sebelum berhijab. I know, hair dryer juga punya efek buruk pada rambut. Tapi, I prefer to use it than apply some hair lotion after daripada pakai kerudung dalam keadaan rambut basah!

3. Menyisir Rambut Saat Basah

Adakah yang nggak suka sisiran kayak saya? Hehehe. Ternyata kebiasaan aneh saya ini bermanfaat untuk mengurangi penyebab rambut rontok, lho. Ketika rambut dalam keadaan basah dan kita paksa untuk disisir, pertahanan akar rambut akan goyah dan menyebabkan rambut rontok.

Jadi, bersabar tunggu rambut kering dulu baru sisiran ya.

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Say no to cempol! Tau kan, ikatan rambut atau scrunchie besar yang kayak sanggul itu. Selain tidak nyaman dipakai, penggunaannya juga hanya memperbesar beban akar rambut kita. Apalagi kalau harus naik motor, otomatis nggak bisa pake helm wkwk :))

Maka dari itu, pakailah ikat rambut dengan ukuran normal, jangan ikat terlalu kencang, dan sebisa mungkin tidak usah mengikat rambut ketika sedang di rumah atau sedang tidak menggunakan hijab.

Tips Mengurangi Rambut Rontok

Nah jujur sebenarnya saya masih struggling banget untuk mengurangi rambut rontok. Hanya saja, sebulan belakangan ini saya rutin melakukan serangkaian perawatan yang membuahkan hasil.

Hasilnya masih nggak begitu signifikan sih, TAPI ada. Dan ada walaupun sedikit lebih baik daripada tidak ada sama sekali, bukan 🙂

Berikut adalah perawatan yang saya lakukan sendiri di rumah.

To be continue...

Baca postingan lengkapnya di blog saya melalui:

Baca Selengkapnya
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diaz Bela
Petrichor hunter yang betah berlama-lama menyusun huruf ditemani secangkir caffe mocha. Menulis tentang hal yang disukai, biasanya berkaitan dengan tren gaya hidup, parenting, traveling, dan investasi. Kunjungi blog saya di: https://diazbela.com
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram