fbpx

Trading Emas: Definisi, Perbedaannya dengan Investasi serta Keuntungannya

24 July, 2022

Apa perbedaan trading emas dengan investasi emas, dan bagaimana cara menjalankan tradingnya secara online? Sebagai salah satu instrumen penting di pasar keuangan, emas memang menjadi salah satu jenis komoditas yang paling diminati oleh trader.

Hal ini karena komoditas ini dianggap memiliki nilai yang terus menunjukkan trend peningkatan dan cenderung memiliki nilai penurunan yang relatif rendah atau tidak terlalu signifikan.

Mengenal Trading Emas

Trading komoditas ini bisa diartikan sebagai aktivitas transaksi emas di pasar forex yang prosesnya tidak harus memindahkan aset emasnya secara fisik, karena trading ini lebih mengukur nilai transaksi yang terdapat dalam komoditas emas.

Dalam pasar, emas memiliki simbol XAU yang biasanya dikaitkan dengan mata uang dolar Amerika (XAU/USD). Trend harga emas ini sangat tergantung dengan pergerakan harga mata uang dolar dengan kecenderungan utama adalah jika dolar mengalami pelemahan maka harga emas akan bergerak naik demikian pula sebaliknya.

Dalam pasar, trading komoditas ini amat dinamis dan berlangsung cepat sehingga dibutuhkan perencanaan strategi trading yang tepat untuk memutuskan transaksi apa yang harus diambil agar memperoleh keuntungan yang maksimal.

Beda Trading Emas dan Investasi Emas

Meski menjanjikan keuntungan yang sama, namun trading dan investasi emas memiliki perbedaan baik secara fisik serta tujuannya. Jika dalam investasi, emas bisa dilihat secara fisik, maka berbeda dengan trading yang lebih mengukur pada nilainya.

Demikian juga dalam hal tujuannya, investasi emas lebih menitikberatkan sebagai aset jangka panjang, sedangkan trading lebih cenderung untuk memperoleh keuntungan dalam waktu yang singkat.

Dalam trading pula, emas lebih dipandang sebagai komoditas yang harus diperdagangkan dalam waktu yang singkat, berbeda dengan investasi yang menjadikan emas sebagai aset yang disimpan dalam jangka waktu panjang untuk dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Keuntungan Menjalankan Trading Emas

Banyak keuntungan yang diperoleh dengan menjadi trader emas, selain tentu saja keuntungan berupa selisih harga beli dan harga jual, juga terdapat berbagai keuntungan seperti berikut ini;

Trading Emas Bersifat Likuid

Dengan volume pasar yang selalu tinggi, trading komoditas ini menjanjikan keuntungan yang maksimal karena komoditas ini terkenal dengan sifatnya yang likuid.

Bahkan jika berhasil mengatur strategi dalam analisa, maka profit bakal bisa dihasilkan hanya dalam hitungan menit maupun jam.

Peluang Profit yang Besar

Volume transaksi emas dalam pasar nilainya bahkan mencapai triliunan dolar Amerika tiap harinya sehingga potensi profit yang besar juga sangat mungkin diperoleh ketika melakukan trading. Peluang ini hanya bisa dihasilkan jika trader cermat dalam melakukan analisa teknikal dengan mengamati pergerakan harga emas dari waktu ke waktu.

Menggunakan Sistem Leverage

Sistem leverage dalam trading ini, memiliki konsep yang memberikan kesempatan kepada trader untuk memperoleh atau membeli emas dalam jumlah yang besar tanpa harus membayar secara penuh. Sehingga tak perlu khawatir jika hanya memiliki modal yang terbatas untuk bisa mengikuti trading ini.

Rate Transaksi yang Rendah

Broker trading ini biasanya memberlakukan biaya transaksi yang relatif rendah dengan tujuan agar trader bisa memperoleh keuntungan yang besar. Istilah ini umum dikenal dengan spread atau beban biaya transaksi berdasarkan perbedaan harga jual dan belinya saja.

Dengan berbagai keunggulan yang ada pada trading emas itu pulalah yang pada akhirnya membuat banyak trader lebih memilih transaksi untuk komoditas ini karena menjanjikan peluang keuntungan yang besar tanpa harus mengeluarkan modal yang besar dengan tetap mengedepankan analisa dan strategi yang tepat sebelum melakukan transaksi.

 

Sumber: https://www.sinedot.com/2022/07/trading-emas-definisi-perbedaannya.html

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Meza Swastika
pendidik dan penulis lepas
pencilfilm-playpicturecalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram