fbpx

Yang Sederhana ini Bisa Meningkatkan Kualitas Hubunganmu dengan Keluarga

 

Setiap orang mempunyai kegiatan selama ramadan bersama keluarga, saya pun sama. Hanya saja kegiatan yang lakukan bersama keluarga kecil saya terbilang sangat sederhana. Kegiatan apa saja itu?

Pertama, kegiatan jalan-jalan di pagi hari bisa joging atau berjalan menelusuri kebun atau jalanan. Kegiatan ini sebenarnya dilakukan juga di hari-hari sebelum ramadan. Sejak ramadan, kegiatan itu dilakukan dua kali dalam seminggu.

Kedua, membaca bersama anak. Kegiatan ini dilakukan karena anak lagi senang-senangnya minta dibacakan cerita. Biasanya mereka akan membawa buku ceritanya lalu menyodorkan kepada saya untuk dibacakan. Kegiayan ini dilakukan sebelum tidur siang, ketika emaknya sudah tidak lagi ada kerjaan.

Ketiga, bercocok tanam di kebun kecil. Karena di rumah banyak sekali anggrek dan tanaman sederhana lainnya, saya akan mengajak anak untuk ikut serta. Biasanya mereka ikut membawa polibag tanah, itu hanya sebentar ya. Mereka lebih banyak bermain sepeda atau kejar-kejaran di kebun. Namun, saya bersyukur dengan begitu mereka tahu kegiatan emaknya.

Keempat, memasak bersama sebelum buka. Biasanya kedua bocah akan menawarkan diri untuk membantu saya. Namun, saya masih takut-takut dan sebenarnya riweh ya mengajak mereka di dapur. Perkiraan memasak hanya sejam karena mereka sibuk di dapur, waktu memasak menjadi molor. Ahh, mau marah kepada mereka? Nggak lah ya. Mereka hanya mau mengeksplor kemampuannya saja.

Kelima, menonton film kartun kesayangan. Ini mau tidak mau emaknya harus mengalah. Mereka pandai sekali memencet channel. Yang menurut mereka bagus, ya kartun. Alhasil, emaknya manut saja.

Keenam, tidur siang bersama. Selama ramadan, saya meharuskan mereka tidur siang meskipun hanya setengah jam. Namun, tidurnya mereka sering kebablasan karena kecapaian. Ah, sudahlah, emaknya juga bisa istirahat ya.

Begitulah kegiatan yang biasa saya lakukan bersama anak. Kuantitas kegiatan bersama anak lebih banyak di rumah. Itu untuk menjaga agar mereka tetap bisa berpuasa sampai magrib ya. Kan kasihan kalau mau buka mereka terlihat lemas.

Kegiatan sederhana itu bisa mendekatkanmu dengan keluarga asal memang kualitasnya ditingkatkan. Namun, seringnya kesibukan yang menjadi kendala tersendiri. Untuk itu, ada baiknya kita membagi waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Kegiatan yang ada jangan dijadikan beban. Salah satu cara mengajak anggota keluarga untuk mendiskusikan kegiatan selama ramadan. Ramadan ceria, ramadan sehat.

 

 

Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Meliana Aryuni
Mari kita menulis! Tuangkan imajinasimu dalam tulisanmu. Berkunjunglah di https://melianaaryuni.wordpress.com
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram