fbpx

8 Manfaat Journaling Untuk Kesehatan Mental dan Produktivas

Journaling – Hai hai #temankaty… Sebelumnya, aku sudah menceritakan awal mula memulai journaling di  artikel pengertian dan manfaat journaling. Aku sudah memulai menulis journaling sejak tahun 2018. Selama tiga tahun itulah aku merasakan banyak manfaat dari journaling.

Aku tidak mau merasakan manfaatnya sendiri. Aku ingin mengajak kamu untuk memulai journaling agar hidupmu menjadi lebih baik terutama pada kesehatan mental dan produktivitas.

 

8 Manfaat journaling untuk kesehatan mental dan produktivitasmu

1. Mencapai impian yang ingin dicapai

Salah satu manfaat dari journaling yang paling aku rasakan yaitu mencapai impian. Mungkin awalnya terlihat mustahil, bagaimana bisa hanya menulis dapat membantu kita dalam meraih impian. Tapi, itulah kenyataannya. Dan terbukti, aku sudah berhasil meraih beberapa impian yang aku inginkan.

Caranya adalah menulis semua impianmu secara detail di buku journalmu. Pastikan kamu juga menulis bagaimana jalan yang kamu pilih untuk mencapainya. Misal, kamu ingin membeli handphone samsung series terbaru. So, kamu menulis “beli hp samsung tipe XXX harga Rp 5jt” di setiap goal bulananmu. Lalu, tulis jalan yang akan kamu pilih dibawahnya seperti “menabung 100.000 per bulan”, dan “bekerja lebih keras”.

INGAT: Kamu boleh memiliki impian yang gilaa tapi jangan lupa pada kenyataan yang ada!!!

2. Mempertajam daya ingat untuk jangka panjang

Manfaat dari journaling selanjutnya yaitu mempertajam daya ingat. Dengan menulis segala aktivitas yang dilakukan selama seharian dalam buku, daya ingatmu akan meningkat. Kamu akan mudah mengingat banyak kejadian terutama pada hari-hari penting misalnya hari ulang tahun, hari kelulusan, hari diterima mendapatkan kerja dan seterusnya.

3. Meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara

Tak hanya meningkatkan daya ingat, journaling juga bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan menulis dan berbicaramu, lho. Hal ini bisa terjadi karena kamu sering menulis secara jelas, detail, dan terstruktur. Dengan seringnya kamu menulis, secara tidak langsung kemampuan berbicaramu pun ikut meningkat.

4. Menghilangkan stress, pikiran negatif, dan rasa cemas yang berlebihan

Setiap orang pasti memiliki ketakutan akan masa depannya masing-masing. Dengan memikirkan hari esok saja terkadang sudah membuat stress, muncul pikiran negatif hingga membuat diri kita menjadi cemas. Padahal semua itu belum tentu terjadi.

Nah, caraku untuk menghilangkan itu semua adalah menulis semua yang aku pikirkan ke dalam buku journal. Dengan menulis dan membaca ulang semua hal negatif tadi membuat aku sadar bahwa semua itu hanya pikiran saja. Pikiran negatif pun tergantikan oleh rasa lega dan munculah pikiran positif.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Mungkin buat kamu journaling ini tidak akan berpengaruh pada rasa kepercayaan diri kita. Namun, setelah tiga tahun aku menyadari bahwa rasa percaya diriku pun meningkat. Hal ini aku sadari ketika berhasil mencapai beberapa impian. Semakin banyak impian yang kucapai maka semakin tinggi rasa percaya diriku dalam melewati semua tantangan.

6. Meningkatkan kualitas bakat yang kita punya

Tak hanya meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara, journaling juga mampu meningkatkan kualitas bakat yang kita punya, lho. Pada awalnya, kamu akan menulis semua bakat yang kamu punya dalam buku journal. Setelah itu, kamu akan mulai mengidentifikasinya satu-persatu. Ketika membaca kembali apa yang kamu tulis pastinya kamu akan mengarah pada satu bakat yang ingin kamu asah. Dan, akhirnya bakat yang selama ini kadang tak terlihat pun diasah dan meningkat kualitasnya.

7. Meningkatkan kedisplinan

Dalam bullet journal, aku menyediakan satu halaman yang berisi tentang track kebiasaan. Dengan adanya halaman penting ini membuatku menjadi lebih disiplin dalam melakukan segala hal terutama untuk meraih impian.

8. Mengenal diri sendiri lebih dalam

Setelah segala manfaat diatas yang sudah aku jelaskan, ada satu manfaat lain dari journaling yaitu mengenal diri sendiri lebih dalam. Awalnya aku tak terlalu paham diriku sendiri mulai dari kemampuan, kepribadian, kelebihan, kekurangan, hingga masa depan yang aku inginkan. Namun, dengan menulis segala yang ada dipikiranku ke dalam buku, sedikit demi sedikit aku pun menjadi lebih mengenal diriku sendiri, lho.

Apalagi dengan dengan jenis journaling yang aku gunakan, segala yang kutulis di bullet journal pun memperlihatkan semua hal tentang diriku. Mulai dari keinginan, kebiasaan, keuangan, hingga segala hal yang aku lakukan.

Itulah delapan manfaat dari journaling yang baik untuk kesehatan mental dan produktivitasmu. Setelah membaca artikel diatas, kamu tertarik memulai jounaling, ‘kan? Selamat mencoba!!!

 

Sumber:

  • Unsplash.com/photos/N0NLGH5YU90
Baca Selengkapnya

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
KATELYA LArasati
Hi, Aku Katelya Larasati. Nama panggilanku Katy. Aku adalah seorang hotelier yang menyukai dunia journaling dan blogging (Katelyalarasati.com)
pencilfilm-playpicturetagcalendar-fullscreen
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram