fbpx

Posisi Tidur yang Nyaman untuk Ibu Pasca Melahirkan

22 April, 2023

Pasca saya melahirkan, ada begitu banyak mitos yang beredar yang disarankan pada saya, salah satunya tidak boleh tidur telentang. Alasannya bisa membuat sel darah putih naik ke mata yang akhirnya menyebabkan rabun. Jujur, saya tidak percaya dengan saran tersebut. Saya anggap sebagai mitos.

Penolakan Keras Tidur Setengah Duduk

Ketika ibu saya memaksa untuk tidur dengan posisi setengah duduk, saya menentang keras. Bahkan saya berdebat dengan ibu sampai akhirnya ibu marah dan berteriak jika nanti saya ada apa-apa, saya yang akan merasakan sendiri. Sakit hati rasanya diperlakukan sedemikian rupa. Berharap dihargai, tapi malah terasa menyiksa.

Saya pun nurut di beberapa jam pertama saat tidur dengan ibu saya untuk menemani buah hati. Setelahnya saya pindah ke ruang tamu dan tidur di sofa. Saya merutuki orang tua sendiri. Saya bersumpah untuk tidak melakukan hal yang sama pada bayi perempuan saya nanti. Biarlah ia mengambil keputusannya sendiri dengan segala konsekuensi.

Penolakan saya tentu berdasarkan alasan yang jelas. Luka jahitan saya belum kering, ditambah tulang ekor saya sakitnya luar biasa. Saya tahu apa yang terjadi pada diri saya sepenuhnya. Meski dokter tidak bilang, saya tahu betul kalau saya cidera tulang ekor yang kesembuhannnya bisa berbulan-bulan jika beruntung.

Bayangkan saja, luka jahitan terasa nyeri ditambah tulang ekor cidera, bagaimana menderitanya saya tidur dengan posisi setengah duduk. Hanya orang-orang yang melihat yang tidak tahu apa pun dan merasa paling benar atas sarannya.

Benarkah Tidur Telentang Menyebabkan Rabun?

Tidak hanya satu atau dua orang, hamper semua orang, dari mertua sampai tetangga bercerita tentang pengalaman tidur telentang yang menyebabkan sel darah putih naik ke mata. Membuat ibu saya ketakutan sampai saya kesulitan memberi penjelasan secara medis.

Sejatinya, tidur sangat penting bagi ibu pasca melahirkan untuk memulihkan kondisinya. Tidur sangat dibutuhkan ibu yang habis melahirkan aga tidak mengalami apnea yang dapat mengganggu kesehatan. Maka, sangat direkomendasikan bagi ibu untuk tidur dengan nyaman sesuai posisi yang dirasa bisa membuat ibu relaks.

Rekomendasi Posisi Tidur Setelah Melahirkan

Posisi Telentang

Rekomendasi posisi tidur bagi ibu pasca melahirkan menurut Alodokter adalah dengan posisi telentang, yang mana tidur dengan bantal atau tanpa bantal sangat direkomendasikan. Posisi ini tidak akan menekan tubuh bagian bawah, apalagi tubuh yang terluka setelah melahirkan, karena kepala, leher, dan tulang belakang menjadi sejajar.

Posisi Miring

Selain posisi tidur telentang, posisi tidur miring juga direkomendasikan. Posisi ini tidak akan menekan perut atau jalan lahir, sehingga mengurangi rasa sakit. Cocok untuk ibu setelah melahirkan normal ataupun Caesar.

Tidur dengan posisi miring disarankan untuk menghadap miring kiri, akan lebih memudahkan pernapasan, melancarkan system pencernaan, mengoptimalkan aliran darah ke tubuh. Selain itu, posisi miring lebih mudah untuk bangun. Meski demikian ibu pasca melahirkan juga boleh miring kanan.

Posisi Duduk Tegap

Ibu bersalin boleh tidur dengan posisi duduk tegap, namun disarankan untuk posisi ini tidak lebih dari dua jam. Posisi ini bisa membantu ibu lebih mudah menyusui bayinya. Posisi ini menjadi alternative untuk para ibu sampai bisa tidur nyaman dengan posisi telentang atau miring.

Kesimpulan

Pada intinya, yang dibutuhkan ibu setelah melahirkan bukanlah saran atau mitos yang tak mendasar. Melainkan dukungan secara fisik dan mental. Ibu melahirkan sudah seharusnya mendapat perhatian lebih untuk rasa aman dan nyaman. Jangan sampai karena mitos yang beredar, ibu pasca bersalin yang seharusnya cepat pulih jadi stress karena orang-orang sekitar. Be smart!

Baca Selengkapnya
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diyah Ayu Nur Halimah
Penulis-Content Creator

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram