fbpx

Kegiatan Sosial Bulan Ramadhan

27 March, 2024

Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan tentunya warga masyarakat berbondong-bondong membersihkan masjid dan mushola. Karena malamnya akan digunakan untuk shalat tarawih, dan karena yang memakai banyak orang sebagai tempat berjamaah perlu beberapa orang untuk ikut membersihkan. Supaya lebih mudah dan cepat terselesaikan.
Dari dulu bersih-bersih masjid sudah menjadi kebiasan, guna menyambut bulan suci ramadhan.

Tempat ibadah yang bersih akan membuat sholat nyaman, tidak terganggu karena adanya kotoran atau debu-debu yang menempel di dinding.
Untuk membersihkannya tentu harus ada sapu, pel, pewangi lantai, pembersin plafon, dan sebagainya. Kalau alat nya lengkap bisa langsung di kerjakan, bila belum ada yang membawa apa yang di butuhkan di masjid nanti. Membersihkan mushola dan masjid ini bukan hanya di awal menjelang ramadhan, tapi juga menjelang hari raya idhul fitri.
Kurang lebih sama-sama bergotong royong untuk membersihkan, kalau dulu sampai membersihkan karpet masjid. Karena masjid dulu kecil, sekarang sudah lumayan besar dan bisa menampung lebih banyak orang lagi. Apalagi hari raya sampai membludak. Untuk area perempuan sampai turun di lapangan sekolah, karena kebetulan masjid satu area dengan madrasah.

Kegiatan sosial ini bermanfaat, apalagi untuk anak-anak, pemuda pemudi kerja sama dan menjalin silah ukhuwah. Saling mengenal tetangga, barangkali sekian lama tidak bertemu karena mondok atau sekolah jauh. Lalu bertemu yang bisa jadi anak tersebut ternyata tetangga dekat tapi baru ketemu karena sebelumnya tidak saling menyapa dan sebagainya.
Menumbuhkan kasih sayang dan menerapkan kegiatan sosial membersihkan masjid untuk ke depannya tetap dilaksanakan, apalagi nambah personil untuk membersihkan.

Masjid adalah rumah Allah SWT, membersihkannya menandakan kita sebagai umat muslim suka kebersihan. An nadhofatul minal iman, kebersihan adalah sebagian dari iman. Bersihkanlah masjid sebagaimana kita membersihkan rumah sendiri, karena allah yang menciptakan kita dan sebagai hambanya harus menjaga apa yang sudah diberikan Allah terhadap makhluknya.

Apa tidak malu melihat rumah ibadah lain bersih tapi rumah ibadah sendiri tidak terurus dengan baik. Jangan sampai memberi kesan buruk untuk agama islam. Justru kegiatan sosial ini membantu untuk memberi kesan, selain islam itu indah hati orang-orang juga bersih, sebersih tempat ibadahnya.

Semoga setiap kegiatan sosial kita di bulan ramadhan, apapun itu baik sedekah makanan, uang, berbagi takjil di lampu merah dan semacamnya akan mendapat ridho Allah SWT. Dalam setiap langkahnya.

@bloggerperempuan
@theraskinkosmetika
#BPNRamadhan2024

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Diyah Rahmawati
Tidak ada informasi member

Halo, !

Categories

More than 3500 female bloggers registered

PT. PEREMPUAN DIGITAL INDONESIA
Cyber 2 Tower 11TH Floor JL HR Rasuna Said Jakarta Selatan

calendar-full
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram